Sekolah Tatap Muka di Medan Ditunda, Bobby nasution: Takutnya di Sekolah Aman, di Angkutan Umum Tak Aman

| 05 Jul 2021 19:43
Sekolah Tatap Muka di Medan Ditunda, Bobby nasution: Takutnya di Sekolah Aman, di Angkutan Umum Tak Aman
Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution (Muchlis Ariandi/era.id)

ERA.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyatakan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Medan, Sumatera Utara pada tahun ajaran baru 2021/2022 yang mulai berjalan pada pekan depan akan dilaksanakan secara daring.

Hal itu merujuk pada keputusan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang menunda pelaksanaan PTM hingga bulan Agustus.

"Tidak ada sekolah tatap muka karena atensi dari Bapak Gubernur, sudah memerintahkan kita, sekolah tatap muka dimulai bulan delapan. Ini atensi dari Bapak Gubernur, dan kami Pemkot Medan mengikuti," kata Bobby Nasution, Senin (5/7/2021).

Meski telah menyiapkan dan melakukan serangkaian simulasi belajar tatap muka, Bobby mengatakan Pemko Medan akan menunda belajar tatap muka hingga ada pemberitahuan lanjutan dari Pemprov Sumut.

Kendati demikian, Pemko Medan terus melakukan persiapan seperti simulasi di sekolah. Hal itu agar saat belajar tatap muka sudah diperbolehkan, sekolah telah siap secara matang.

"Ini menyangkut keselamatan dari adik-adik kita, anak-anak kita," kata mantu Presiden Joko Widodo itu.

Selain persiapan di sekolah, Bobby mengatakan sejumlah persiapan akan di lakukan pada angkutan umum. Melalui Dinas Perhubungan Kota Medan, Bobby telah memerintahkan dinas perhubungan untuk menjaga agar angkutan umum di Medan tetap steril dari virus dan taat protokol kesehatan.

Sehingga, pada saat pembelajaran tatap muka sudah diperbolehkan, keselamatan anak sekolah dari rumah ke sekolah atau sebaliknya, termasuk saat menaiki angkutan umum, tetap terjaga.

Dia menilai, angkutan umum memiliki potensi yang cukup besar untuk menyebarkan virus, sehingga benar-benar harus ditata dan diawasi.

"Takutnya di dalam sekolah aman, tapi di angkutan umum justru tak aman," pungkasnya.

Rekomendasi