TKA Masuk Ke Sulsel, Plt Gubernur Minta Disnaker dan Imigrasi Turun Tangan

| 05 Jul 2021 12:26
TKA Masuk Ke Sulsel, Plt Gubernur Minta Disnaker dan Imigrasi Turun Tangan
Sejumlah tenaga kerja asing asal China tiba di Bandara Internasional Hasanuddin, Makassar, Sabtu, (3/7/2021), di tengah PPKM Darurat pulau Jawa & Bali. (Foto: @lambe_turah_makassar/Instagram)

ERA.id - Info bahwa sebanyak 20 orang tenaga kerja asing (TKA) asal China mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatanl pada Sabtu (3/7) lalu pukul 20:10 WITA, viral di sejumlah media sosial.

Dua puluh orang TKA asal China ini mendarat menggunakan pesawat maskapai Citilink QG-426 dari Jakarta ke Makassar dalam rangka kontrak kerja/karyawan PT Smelter di Kabupaten Bantaeng.

Di saat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dan Bali, memberlakukan PPKM Darurat karena lonjakan jumlah infeksi Covid19, TKA China justru berdatangan di Tanah Air. Khususnya, kali ini ke Provinsi Sulsel untuk menjadi karyawan PT. Smelter.

Mengetahui hal ini, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, langsung perintahkan Dinas Tenaga Kerja bersama pihak Imigrasi Sulsel untuk mengkroscek kebenaran berita TKA tersebut ke pihak Pemkab Bantaeng.

Plt Gubernur bilang jika dirinya sudah memerintahkan Kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi (Kadisnaker)  Sulsel, Andi Darmawan B bersama pihak imigrasi untuk segera mengecek kondisi kesehatan 20 orang TKA tersebut. Selain itu, Disnaker Sulsel dan Imigrasi juga diinstruksikan memeriksa berkas kelengkapan para TKA yang nanti bekerja di PT.Smelter Bantaeng.

"Kami telah memerintahkan Kadisnaker Sulsel berkoordinasi dengan pihak imigrasi untuk turun ke Bantaeng memeriksa perusahaan dan TKA yang datang." kata Andi Sudirman Sulaiman. Senin (5/7/2021)

"Termasuk syarat perijinan dari instansi terkait dari pemerintah pusat untuk tindak lanjut sesuai ketentuan." sambungnya.

Tak hanya Disnaker dan Imigrasi Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengaku jika dirinya sudah mendapat informasi langsung dari Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin terkait kondisi kesehatan 20 TKA Thingkok tersebut.

"Bupati Bantaeng juga telah melaporkan bahwa semua (TKA) telah di Swab PCR tinggal menunggu hasilnya segera." aku Adik Amran Sulaiman ini.

Diketahui, 20 TKA tersebut akan menuju Kabupaten Bantaeng setelah berhasil mendarat menggunakan pesawat Citilink QG-426 dari keberangkatan Jakarta menuju Bandara Sultan Hasanuddin MakassarMakassar.

Pada pukul 20:43 WITA, 20 orang TKA Thiongkok meninggalkan kawasan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Kabupaten Bantaeng menggunakan bus pariwisata nomor polisi DD 7624 AC dengan tujuan PT. Smelter.

Rekomendasi