Pemkot Makassar Diberi Tanah Hibah, Walkot Danny: Biasanya Aset Kita yang Diambil

| 08 Jul 2021 12:27
Pemkot Makassar Diberi Tanah Hibah, Walkot Danny: Biasanya Aset Kita yang Diambil
Haji Idris dan Danny Pomanto

ERA.id - Seorang warga Kota Makassar, Sulawesi Selatan, bernama Haji Idris menghibahkan tanah seluas 300 meter persegi di kawasan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, kepada pemerintah kota untuk pembangunan kantor lurah.

"Tanah ini adalah hibah, yang diberikan nenek kita. Tentu ini sebuah amalan (lahan dihibahkan) yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT," tutur Haji Idris di kediamannya saat ditemui Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto di Maccopa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (7/7/2021) kemarin.

Haji Idris berharap, lahan hibah untuk membangun kantor pemerintah itu dapat digunakan sebaik-baiknya demi kepentingan masyarakat. Sebab, seluruh perbuatan di dunia akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.

Danny pun mengapresiasi dan bangga karena masih ada warga yang peduli akan kondisi pemerintahan saat ini di tengah kesulitan lahan yang strategis untuk penempatan kantor pemerintah.

Danny menegaskan, lahan yang dihibahkan seluas 300 meter persegi itu untuk aktivitas pelayanan publik pembangunan lanjutan kantor Kelurahan Sudiang, yang kini sah menjadi milik Pemerintah Kota Makassar.

"Saya pribadi atas nama masyarakat Kota Makassar sangat berterima kasih sekali atas kebaikan dan kemurahan hati pak Haji idris menghibahkan tanahnya. Sudah 15 tahun lahan itu digunakan untuk aktifitas kelurahan, dan hari ini telah resmi milik Pemkot Makassar," ujar Danny.

Menurut dia, momen ini sangat langka, jarang ada warga rela dan ikhlas memberikan tanahnya untuk digunakan bagi kepentingan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Justru sebaliknya, malah banyak oknum berusaha mengambil aset pemerintah dengan menghalalkan segala cara. 

Hal itu terbukti pada beberapa contoh kasus pengambilan aset pemerintah kota yang kini beperkara di pengadilan, bahkan ada yang sudah menang hingga naik banding.

"Biasanya, aset kita yang diambil orang, tapi ini alhamdulillah kita dapat hibah tanah seluas 300 meter persegi dari Haji Idris yang merelakan lahannya untuk digunakan masyarakat dan kini menjadi milik pemerintah kota," ungkap Danny.

Wali Kota Makasar dua priode ini mendoakan semoga pemberian hibah lahan tersebut menjadi amal jariyah bagi Haji Idris dan keluarganya di akhirat nanti.

"Beliau inilah contoh teladan yang bisa diikuti. Tidak semua orang punya keteladanan dan keikhlasan seperti Pak Haji Idris ini. Kita semua mendoakan semoga pemberian ini menjadi amal jariyah bagi pak Haji dan keluarganya," ucap mantan staf ahli perencanaan kota itu.

Penyerahan akta hibah tersebut juga disaksikan Kepala Inspektorat Kota Makassar, Kepala Dinas Pertanahan, Camat Biringkanaya serta keluarga H Idris sebagai saksi.

Rekomendasi