Kelebihan Kapal Isolasi Makassar: Pasien Covid Bisa Mancing dan Mudah Melihat Senja

| 23 Jul 2021 10:09
Kelebihan Kapal Isolasi Makassar: Pasien Covid Bisa Mancing dan Mudah Melihat Senja
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto

ERA.id - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto akan membentuk tim motivator bagi pasien COVID-19 yang menjalankan isolasi mandiri di atas Kapal PT Pelni secara apung.

"Kita tahu semangat dan motivasi adalah obat paling ampuh. Makanya, kami akan membentuk tim motivator untuk mempercepat pemulihan bagi pasien," ujar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis (22/7/2021) kemarin.

Ia mengatakan, inovasi isolasi apung tidak hanya sekadar mengisolasi pasien COVID-19. Di dalam kapal, banyak terdapat aktivitas positif buat para pasien.

Danny Pomanto mencontohkan, beberapa aktivitas positif yang bisa membantu pasien adalah dengan menikmati aktivitas menyenangkan dan menenangkan seperti mancing maupun bernyanyi.

Selain itu, menikmati pemandangan laut lepas di atas kapal baik di pagi hari, sore maupun malam, juga akan membantu meningkatkan semangat para pasien.

"Jadi kita mempersiapkan motivasi yang akan disampaikan kepada para pasien. Kenapa, karena dalam ilmu yang kami perhatikan selama dua tahun ini ternyata stimulan otak lah yang banyak memberikan kontribusi selama covid ini. Banyak pasien sembuh karena motivasi yang baik dan banyak pula pasien yang cemas dan menyerah," katanya.

Danny menerangkan, tim motivator ini terdiri dari para akademisi dan profesional yang akan dipilih secara ketat dan memiliki latar belakang keahlian.

"Para akademisi dan profesional. Rerata 80 persen penyintas. Hari ini sudah 25 orang relawan motivator yang mendaftar," terangnya.

Motivasi yang akan diberikan bisa secara dalam jaringan (daring/online) atau bahkan secara langsung dengan bertatap langsung dengan pasien yang tentunya disertai protokol kesehatan ketat.

"Pasien yang memilih karena ada motivasi wajib pagi dan sore. Semoga ini bisa membuat para pasien bisa membuat pasien COVID-19 bisa cepat sembuh dan tidak stress selama masa isolasi," ucap Danny Pomanto.

Rekomendasi