PPKM Level 4 di Medan, Bobby Nasution: Penyekatan Tetap Kita Lakukan

| 27 Jul 2021 17:34
PPKM Level 4 di Medan, Bobby Nasution: Penyekatan Tetap Kita Lakukan
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Nasution (Muchlis Ariandi/era.id)

ERA.id - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan tetap melakukan penyekatan di beberapa ruas jalan di inti kota dan di perbatasan masuk ke Kota Medan untuk mengurangi mobilitas masyarakat saat PPKM Level 4.

Bobby mengatakan fungsi penyekatan jalan yang dilakukan sejak pelaksanaan PPKM Pengetatan di Medan dalam rangka mengurangi aktifitas masyarakat yang tidak penting di luar rumah.

"Seperti yang disampaikan Pak Gubernur bahwa yang paling penting dalam penanganan Covid-19 ini adalah mencegah kerumunan. Untuk mencegah kerumunan tentunya adalah mengurangi mobilitas masyarakat. Makanya penyekatan (jalan) ini akan tetap kita lakukan," kata Bobby Nasution di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Selasa (27/7/2021).

Dia menjelaskan dengan adanya penyekatan jalan, warga pasti akan malas keluar rumah jika tidak punya kepentingan yang mendesak karena jalur banyak dialihkan.

Apalagi kata dia, selama PPKM Darurat penyekatan efektif menekan mobilitas masyarakat keluar rumah.

"Dengan pengalihan arus yang agak muter-muter, ini nanti yang akan mengeliminasi sendiri, kalau hanya untuk mutar-mutar gak jelas nanti pasti capek. Kalau nanti dia gak ada kepentingan khusus (pasti) nanti malas dia keluar (rumah), Itu tujuannya," ungkapnya.

Terkait pelaksanaan PPKM Level 4 di Kota Medan, sebagai salah satu kota diluar Jawa dan Bali, Bobby mengatakan menjadi masa pembelajaran bagi masyarakat. Diharapkan dengan telah dilaksanakannya PPKM Darurat, masyarakat lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Ke depannya, selama masa PPKM Level 4 ini, walaupun ada sedikit kelonggaran, ini adalah masa pembelajaran bagi masyarakat. Ini masa training setelah masa PPKM Darurat kemarin itu kan ketat sekali, intinya prokes harus diterapkan dengan baik," ujarnya.

Meski dalam aturan PPKM Level 4 ini ada kelonggaran, kata Bobby, pelaku usaha tetap akan dilakukan pengawasan dalam menjalankan protokol kesehatan.

Dia mengatakan jika tempat usaha dan masyarakat tidak disiplin dengan aturan yang ada, Kota Medan kemungkinan akan sulit keluar dari aturan pelaksanaan PPKM.

"Ini ada  kelonggaran boleh 20 menit makan ditempat. Kita lihat selama 20 menit itu pelaku usaha yang sudah kita training dalam mengikuti prokes selama PPKM Darurat, setelah dilonggarkan ikut Prokes gak? Kalau tidak mau PPKM ini akan terus seperti ini," ungkapnya.

Bobby berharap, dengan PPKM Level 4 Kota Medan segera berangsur membaik menuju zona hijau dan perekonomian kembali pulih "Kalau ini diperlonggar efektivitas nya akan bisa kita lihat. Semakin banyak masyarakat kita mengikuti prokes berarti kedepannya PPKM Level 4, kita  doakan sama-sama bisa hilang," pungkasnya.

Rekomendasi