Sosok KGPAA Mangkunegara IX: Pendiam, Tapi Tegas dan Penyayang

| 14 Aug 2021 19:45
Sosok KGPAA Mangkunegara IX: Pendiam, Tapi Tegas dan Penyayang
Putra Bungsu KGPAA Mangkunegara IX, GPH Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwa yang menemani jajaran Forkompinda Kota Solo yang melayat di Pura Mangkunegaran, Solo, (14/8/2021)

ERA.id - Di mata keluarga, sosok KGPAA Mangkunegara IX dikenal sebagai sosok orang yang tegas namun juga penyayang. Bahkan bukan hanya oleh keluarga, namun juga oleh para abdi dalem. Hal ini disampaikan oleh putra bungsu KGPAA Mangkunegara IX, GPH Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwa.

"Di mata keluarga, beliau itu orang yang tegas namun sangat penyayang. Sangat memperhatikan tapi cenderung pendiam," katanya saat ditemui di Dalem Ageng Pura Mangkunegaran Sabtu (14/8/2021).

Sosok ini juga melekat di ingatan para abdi dalem. Sebab selama ini KGPAA Mangkunegara IX ini orang yang dihormati dan dikagum oleh para abdi dalem Mangkunegaran.

"Banyak perhatian yang diberikan Romo (untuk para abdi dalem). Banyak yang ikut sejak usia muda. Jadi beliau sangat dicintai," katanya.

Namun saat ditanya terkait penerus tahta Pura Mangkunegaran, Bhre enggan memberikan jawaban lebih lanjut. Dirinya hanya menyampaikan bahwa akan meneruskan apa yang selama ini sudah dijalankan oleh KGPAA Mangkunegara IX.

"Itu mungkin porsinya bukan kami. Kami fokus untuk Romo dulu, belum mikir ke sana," katanya.

Ditanya kapan terakhir berkumpul bersama keluarga, Bhre mengatakan momen tersebut terjadi bertepatan dengan 1 Sura. Namun dirinya tidak menemani ketika KGPAA Mangkunegara IX menghembuskan nafas terakhirnya.

"Saya posisi di Solo. Kakak saya yang menemani," katanya.

Rekomendasi