Gubsu Edy Harap Atlet Sumut Berjaya Lagi: Dulu Cukup Satu Marga Nasution Bisa Dapat 14 Emas

| 24 Aug 2021 18:30
Gubsu Edy Harap Atlet Sumut Berjaya Lagi: Dulu Cukup Satu Marga Nasution Bisa Dapat 14 Emas
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Muchlis Ariandi/era.id)

ERA.id - Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menginginkan atlet Sumatera Utara kembali berjaya di kancah nasional seperti pada era 80-an. Sebab saat itu untuk meraih 14 emas, Sumut cukup mengirim satu marga Nasution.

Menurut Edy, pada tahun-tahun tersebut, Sumut selalu bertengger pada peringkat tiga besar juara bersama DKI Jakarta dan Jawa Timur.

"Saat ini Sumut berada di nomor 9, jadi kita harapkan harus kembali ke posisi-posisi yang saya sampaikan tadi. Dulu cukup satu marga Nasution 12 sampai 14 emas sudah bisa dipegang. Nanti kita cari lagi Nasution-Nasution selanjutnya," kata Gubsu Edy usai memberi motivasi kepada para atlet PON Papua XX di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Selasa (24/8/2021).

Edy meminta seluruh masyarakat Sumatera Utara mendoakan para atlet yang akan bertanding pada PON XX Papua, kontingen Sumut bisa menorehkan tinta emas di tanah Papua.

Dijelaskan Gubsu Edy, kepada atlet tidak menargetkan harus membawa pulang berapa mendali namun meminta semua atlet menanamkan jiwa pemenang. Sehingga Sumut kembali berjaya di peringkat nasional.

"Bukan target berapa emasnya, yang kita targetkan saya kepingin Sumatera Utara saat ini kembali di tahun-tahun 80-an karena jadi tiga besar. Biasanya yang terjadi itu ada DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sumatera Utara," ungkapnya.

Kendati demikian Gubsu Edy mengakui persiapan untuk 186 atlet yang akan dikerahkan bertarung ke Papua belum maksimal. Menurutnya lazimnya persiapan untuk PON harus dilakukan 5 tahun sebelum pagelaran tersebut. Tapi hal itu kata Edy tidak semudah membalikkan telapak tangan.

"Kita berharap, tapi memang belum sempurna. Dalam olahraga itu tidak bisa dilakukan seperti membalikkan telapak tangan. Harus dicari talenta, 5 tahun ke belakang ini sudah harus dibina dan di kader setiap saat pengganti-penggantinya," pungkasnya.

Rekomendasi