Masih Banyak Warga Abai Prokes, Pemkot Solo Bakal Lakukan Swab Test Acak di Tempat

Tim Editor

Ilustrasi (Foto: Antara)

ERA.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo bakal melakukan swab acak di tempat untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinkes Solo Siti Wahyuningsih pada Jumat (10/9/2021). 

Menurut Wahyuningsih, masih banyak warung di Kota Solo yang abai dengan protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi COVID-19.

"Saya sengaja untuk patroli sendiri, ternyata banyak warung yang sudah mengabaikan prokes. Misalnya satu meja diisi sampai enam kursi," katanya.

Selain itu, banyak pelanggaran dari masyarakat yang abai dengan prokes. Usai makan, mereka justru ngobrol dan tidak kembali menggunakan masker. "Kalau seperti ini, kasusnya naik ya kita yang susah," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya mengusulkan agar melakukan swab acak pada tempat-tempat yang banyak kerumunan. Rencananya swab acak ini akan dilakukan selama dua kali dalam sepekan.

"Sekarang masyarakat sudah sulit dikasih tahu, tapi kalau angka kasusnya naik mereka sendiri juga bingung kan," katanya.

Terkait hal ini, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan merealisasikan swab acak. Rencananya swab acak akan dilakukan dua kali dalam satu pekan. 

"Memang kemarin diusulkan dari bu Kadis (Kepala DKK Solo, red). DKK melaporkan banyak yang tidak melaksanakan prokes. Makanya akan kami tindak lanjuti," katanya.

Tag: swab test pemkot solo

Bagikan: