Saking Panjangnya Nama Bayi Viral Ini, Orang Tuanya Kesulitan Bikin Akta Kelahiran

| 05 Oct 2021 14:04
Saking Panjangnya Nama Bayi Viral Ini, Orang Tuanya Kesulitan Bikin Akta Kelahiran
Ilustrasi bayi (Wikimedia Commons)

ERA.id - Seorang bayi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, punya nama yang sangat panjang, yakni 19 kata. Ia kini viral. Sebab itu, orang tuanya belakangan kerepotan saat ingin mengurus akta kelahiran.

"Iya sudah beberapa kali ke kantor Dukcapil Tuban. Informasi yang kita dapat katanya di SIAK namanya melebihi 50 karakter. Ini lho sudah tiga tahun," jelas Arif Akbar, dikutip dari detikcom, Senin (4/10/2021) kemarin.

Bagaimana tidak, anaknya dinamai Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta (2).

Bocah yang dipanggil Cordo itu kini berusia hampir tiga tahun, setelah lahir pada tanggal 6 Januari 2019.

Untuk diketahi, Cordo adalah buah hati dari pasangan Arif Akbar (29) dan Suci Nur Aisyiah (26). Mereka tinggal di Desa Ngujuran, Kecamatan Bancar.

"Kami kesulitan mengurus akta anak. Sudah sekitar tiga tahun mengurus tapi tidak bisa. Padahal kita itu pernah lihat di wilayah lain ada yang 17 kata," terang Arif.

"Ini apa lemahnya dinas terkait ya, ini lho sudah tiga tahun," imbuhnya.

Kalau toh belakangan ia disuruh ganti nama, Arif berkeras bertahan. Alasannya, nama pemberiannya ke Cordo berisi doa dan harapan.

“Saya disuruh mengubah nama anak, padahal nama tersemat doa untuk kebaikannya. Kalau harapan tentu bisa diproses aktanya, karena saat masuk TK akta dibutuhkan,” sambung Arif.

Arif sendiri, bersama keluarganya, mengaku sudah mengirim surat terbuka kepada Presiden Jokowi, agar anaknya diakui pemerintah dan bisa dimasukkan ke database Dukcapil.

Rekomendasi