Humas Polda Kalteng DM Netizen Karena Cuma Komen Mampus, DPR: Harusnya Lebih Bijak

| 21 Oct 2021 14:42
Humas Polda Kalteng DM Netizen Karena Cuma Komen Mampus, DPR: Harusnya Lebih Bijak
Arsul Sani (Gabriella/era.id)

ERA.id - Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani meminta para humas polda maupun admin media sosial Polri untuk bersikap tenang menanggapi komentar dari masyarakat.

Hal ini merespons ulah admin Instagram Humas Polda Kalteng yang menyerang salah seorang warganet usai memberikan komentar 'mampus'.

Menurutnya, sebaiknya para humas cukup mengklarifikasi saja tanpa harus menyerang masyarakat sipil. Apalagi di media sosial.

"Siapapun, apalagi kalau dia humas itu memamg cukup dengan mengklarifikasi, menerangkan apa yang sebenarnya terjadi. Tidak usah yang bersangkutan diserang," ujar Arsul di Kompleks DPR RI, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Politisi PPP itu mengatakan, sebagai negara demokrasi sudah pasti ruang publik dipenuhi dengan berbagai pendapat. Namun, pendapat yang dilontarkan juga harus dilihat dari berbagai sudut pandang.

Arsul juga mengingatkan, sering kali warganet di media sosial hanya ikut berkomentar tanpa memahami permasalahannya. Karena itu, sebaiknya Polri memberikan edukasi daripada bersikap difensif kepada masyarakat.

"Ya mesti bijaklah kita ini, apalagi warga masyarakat itu kan biasa mengomentari tanpa tahu duduk persoalannya, yang penting komenter. Jadi ya memang perlu diedukasi," kata Arsul.

Sebelumnya, admin Instagram Humas Polda Kalteng meneror masyarakat hanya karena kata 'Mampus, seenaknya aja sih' saat mengomentari akun Instagram Info Kalteng soal informasi dimutasinya Aipda Ambarita.

Saat ditegur oleh admin akun Humas Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), terjadi perdebatan alot tentang kata 'mampus'. Bahkan admin akun kepolisian tersebut rela mengeluarkan arti kata 'mampus' di Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Usai viral dan diperbincangkan publik, Humas Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) langsung turun tangan membereskan masalah tersebut. Ia meminta maaf kepada publik.

Ternyata, banyak admin yang memegang akun Instagram Humas Polda Kalteng tersebut. Salah satu yang meneror adalah Bripda BG, yang rencananya akan diperiksa Propam akibat perbuatannya.

"Saya kabidhumas polda kalteng meminta maaf atas tindakan admin humas polda kalteng yang kurang berkenan di hati sahabat netizen sekalian, kami mengucapkan trimakasih atas kritikan yang membangun polri dan polda kalteng untuk menjadi lebih baik," tutur Kabid Humas Polda Kalteng Kombes K Eko Saputro lewat akun Twitter Humas Polda Kalteng, Rabu (20/10/2021).

"Untuk admin bidhumas polda kalteng akan kami lakukan tindakan berupa arahan, teguran dan membuat laporan serta akan diperiksa bidpropam polda kalteng, salam hormat kami, salam sehat semoga indonesia cepat pulih dari pandemi,"tandasnya.

Rekomendasi