Jalanan di Gowa Rusak Parah, Warga Menyindir: Jokowi ke Sulsel, Mulus Ini Barang

| 10 Nov 2021 12:30
Jalanan di Gowa Rusak Parah, Warga Menyindir: Jokowi ke Sulsel, Mulus Ini Barang
Kondisi jalan Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa 9Yusuf Yahya/ERA.id)

ERA.id - Sudah nyaris sebulan Jalan Tun Abdul Razak tepatnya depan Perumahan Pao-Pao Permai, Kabupaten Gowa, digenangi air dan aspalnya berlubang akibat diguyur hujan terus-menerus.

Kendaraan roda dua dan roda empat yang sering melintas di area itu harus menerima risiko masinnya mati, ban robek, hingga bergabung dalam kemacetan yang sangat panjang.

Hasilnya, masyarakat pun jika bepergian mesti memakan waktu di jalanan. Sebab itu, beberapa warga mengeluhkan kondisi tersebut di sejumlah akun media sosial.

Bahkan ERA.id pun mencoba merasakan bagaimana berkendara saat melewati jalanan tersebut. Hasilnya, ERA merasakan apa yang dikeluhkan masyarakat di media sosial.

Tak sekadar jalan, ERA juga melihat sejumlah warga sedang mengatur kendaraan agar mereka tak melewati jalur yang genangan airnya setinggi setengah meter.

Aksi tersebut terbilang tepat, sebab beberapa ban kendaraan roda empat robek saat menginjak lubang sekisar 40 senti di sana.

"Ini macet bukan karena banyaknya kendaraan atau demo, tapi banjir. Parahnya lagi itu lubangnya dalam dan sewaktu-waktu membahayakan serta merusak kendaraan warga," ucap Rusli kepada ERA beberapa waktu lalu.

Bahkan ia menyebut, Jokowi mesti datang lagi ke Sulsel dan melewati jalan ini, biar pemerintah lekas memperbaiki jalan yang rusak tersebut.

"Perlu lagi datang Pak Jokowi ke Sulsel dan lewat jalan ini. Kemarin kan jalan di Hertasning langsung diperbaiki waktu dia datang. Siapa tahu dia datang, bisa mulus ini barang (jalanan rusak)," candanya, Rabu (10/11/2021).

Diketahui beberapa bulan yang lalu, pihak Dinas PUTR Pemprov Sulsel merehabilitasi Jalan Tun Abdul Razak agar akses yang menghubungkan antara Kota Makassar dan Kabupaten Gowa bisa memanjakan masyarakat.

Karena intensitas curah hujan yang tinggi di akhir tahun 2021, lokasi tersebut rusak kembali.

"Masa warga biasa yang bantu pengendara lewati jalur itu biar terhindar dari lubang. Seharusnya, ada petugas yang bertugas bantu masyarakat di situ." tambahnya.

Jokowi datang, jalanan mulus

Alasan Rusli cukup masuk akal. Beberapa waktu lalu memang Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Di sana, ia dan rombongannya mendatangi beberapa daerah, termasuk Makassar. Uniknya, sebelum Jokowi datang, Pemerintah Provinsi Sulsel lewat Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) langsung memperbaiki jalananan rusak.

Di mana jalannya? Adalah Jalan Hertasning, yang menghubungkan Makassar dengan Kabupaten Gowa. Di sana, sejumlah lubang langsung ditambal. Petugas juga sibuk dengan sejumlah alat berat.

Ini tentu saja sebuah angin segar bagi warga Makassar. Sebab sudah beberapa tahun, jalanan itu kerap dikeluhkan karena berlubang dan bisa mencelakai pengedara motor jika tidak berhati-hati.

Bahkan kabarnya, karena penambalan lubang di Jalan Hertasning itu, kendaraan roda dua dan roda empat harus mengantre demi melintasi jalan tersebut.

Rekomendasi