Momen Jokowi Jajal Trek Sirkuit Mandalika, Kalahkan Bamsoet hingga Menteri Basuki

| 12 Nov 2021 16:17
Momen Jokowi Jajal Trek Sirkuit Mandalika, Kalahkan Bamsoet hingga Menteri Basuki
Presiden Joko Widodo (Dok. Agus Suparto/ BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal secara resmi Sirkuit Mandalika, di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat (12/11/2021).

Jokowi pun mengutarakan kesannya usai menjajal lintasan sirkuit sepanjang 4,3 kilometer itu. Menurut Jokowi, Sirkuit Mandalika memiliki tikungan yang tajam dan sulit.

"Saya kira banyak tikungan tajam, ada 17 titik tikungan dan saya kira semuanya sulit-sulit. Tapi itu untuk saya, kalau pembalap mungkin tidak," ujarnya kepada wartawan sembari tersenyum, Jumat (12/11).

Jokowi mengaku, tidak berani memacu motornya dengan kencang karena kondisi lintasan yang sedang basah setelah diguyur hujan.

"Sirkuit Mandalika ini sirkuit baru. Apalagi baru saja hujan, jadi saya nggak berani ngebut. Meski nggak berani ngebut yang lain-lain masih jauh tertinggal," ujar Jokowi sembari tertawa.

Setelah menjajal trek Sirkuit Mandalika, Jokowi dijadwalkan meresmikan sirkuit yang akan menggelar balapan WSBK Mandalika pada 19-21 November mendatang.

Selain menggelar balapan Superbike WSBK, Sirkuit Mandalika untuk kali pertama akan menggelar balapan MotoGP Indonesia pada Maret 2022.

Jokowi ditemani sejumlah rombongan menteri, di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Kemudian, Ketua MPR sekaligus Ketua IMI Pusat, Bambang Soesatyo, Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, dan Danrem 162/WB Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani.

Sedangkan, pelepasan rombongan presiden dengan memegang bendera start Menteri BUMN Erick Thohir.

Motor yang dikendarai Presiden merupakan motor Kawasaki W175, dengan gaya Bobber yang juga bernuansa Cafe Racer, oleh bengkel modifikasi Katros Garage.

Motor Presiden bertuliskan RI 1, serta ada tulisan nama Jokowi di bagian tangki. Motor dimodifikasi dengan ban besar atau yang dikenal dalam dunia modifikasi dengan jenis "ban gambot" serta suspensi depan model upside down yang biasa diaplikasikan oleh motor performa tinggi.

Rekomendasi