Jokowi Hapus Cuitannya Usai Salah Pamer Gambar Sirkuit Mandalika yang Ternyata Portimao

| 17 Jan 2022 10:02
Jokowi Hapus Cuitannya Usai Salah Pamer Gambar Sirkuit Mandalika yang Ternyata Portimao
Presiden RI Joko Widodo menjajal lintasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, dengan motor balap modifikasi, Jumat (12/11/2021). (Setkab)

ERA.id - Presiden Jokowi menghapus cuitannya di Twitter usai dihujat karena keliru mengunggah gambar Sirkuit Mandalika, yang ternyata adalah Sirkuit Portimao yang berada di Portugal.

Tak tanggung-tanggung, dalam pencarian dengan kata kunci 'sirkuit portimao' di Twitter, banyak sekali akun yang menyerang Jokowi dan mempertanyakan mengapa ia menghapus unggahannya.

Tidak cuma akun biasa, pegiat media sosial yang juga politisi seperti Mustofa Nahrawardaya serta Roy Suryo, turut menegur tim Jokowi yang keliru mengunggah konten.

Sebelumnya, diketahui Jokowi memamerkan ilustrasi gambar Sirkuit Mandalika yang ada di Lombok, NTB.

Dalam unggahannya, Jokowi memamerkan video pendek yang menampilakn beberapa gambar ilustrasi yang menunjukkan wajah Lombok dan NTB.

"Lombok bukan hanya Mandalika, lokasi sirkuit balap kelas dunia. Siapa pun yang berkunjung ke Lombok, NTB, akan terpesona oleh bentang alamnya, dari laut sampai gunung. Pantai Tangsi, Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Sendang Gile, Bukit Merese, desa-desa adat, dan sebagainya," tulis Jokowi.

Tak lama, netizen pun menegur Jokowi. Menurutnya, ilustrasi tersebut adalah Sirkuit Portimau yang ada di Portugal. Tak seperti klaim Jokowi yang menyebut tempat itu adalah Mandalika.

Untuk diketahui, Sirkuit Internasional Algarve (Portugal: Autódromo Internacional do Algarve) biasa disebut juga dengan Sirkuit Portimao, adalah sirkuit yang sepanjang 4,692 kilometer (2,915 mi) dan terletak di Portimão, Portugal.

Sirkuit yang pembangunannya menelan biaya sebesar €195.000.000 ini sudah termasuk trek karting, taman teknologi, hotel bintang lima, kompleks olahraga dan apartemen.

Adapun komentar netizen yang menegur Jokowi dengan memberi gambar Sirkuit Portimau yang dikiranya Sirkuit Mandalika, bisa dibaca di sini.

Kami juga pernah menulis soal Drainase di Sekitar Sirkuit MotoGP Mandalika Ditambah, Yakin Tak Banjir Lagi? bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi