Aksi Ganjar 'Duel' Peresean di Suku Sasak Lombok Usai Nonton WSBK Mandalika

| 22 Nov 2021 12:43
Aksi Ganjar 'Duel' Peresean di Suku Sasak Lombok Usai Nonton WSBK Mandalika
Tangkapan Layar

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut menghadiri balapan perdana di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Bukan hanya datang ke acara balapan, Ganjar juga menggelar pertarungan duel di sana.

Duel itu tampak dari video yang diunggah di akun Twitternya @ganjarpranowo, Senin (22/11/2021) pagi. Memegang pedang dan perisai, ia tampak melawan warga setempat dikelilingi banyak orang.

Ganjar tampak memukulkan senjatanya dan dapat ditangkis lawan. Demikian pula sang musuh yang serangannya selalu dapat diatasi Ganjar. Duel berakhir dengan saling senyum antara keduanya.

Duel itu memang bukan pertarungan sungguhan, melainkan bagian dari tradisi setempat. Ganjar rupanya mengikuti tradisi peresean yakni pertarungan dua

laki-laki bersenjata tongkat rotan dan perisai kulit kerbau.

Video itu disunting layaknya sebuah tampilan video game, lengkap dengan tulisan 'fight!' dan bunyi adu pedang betulan. Diputar pula lagu daerah setempat Lalo Ngaro

"Alhamdulillah bisa mampir ke saudara2 kita di Suku Sasak, Lombok. Sambutannya luar biasa dan menyenangkan. Apalagi ketika diajak Peresean. Kamu harus ke sini. Ok?" cuit Ganjar.

Video itu telah disukai lebih dari 600 kali hingga siang ini. Sejumlah warganet memuji aksi itu.

"Kalau lihat cara Bapak memukul pake rotan, saya yakin bapak akan jago peresean kl berlatih terus, tp kami (TAGAR) gak mau bapak jd penari peresean, kami mau Bapak jd Presiden RI," cuit @iskandardagoel.

"Keren ndoro,Indonesia kaya budaya,sumber alam melimpah,mesti dijaga,dan dimanfaatkan utk kemakmuran rakyat." kata @kasito17.

Rekomendasi