Pastikan Tak Ada Penyekatan Saat Nataru di Bandung, Polisi: Kami Hanya Razia Rutin

| 20 Dec 2021 19:45
Pastikan Tak Ada Penyekatan Saat Nataru di Bandung, Polisi: Kami Hanya Razia Rutin
Ilustrasi (Istimewa)

ERA.id - Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung memastikan pada momen perayaan natal dan tahun baru, di setiap ruas jalan Kota Bandung tak ada penyekatan.

Meski demikian, Aswin menegaskan polisi akan menggelar razia rutin serta memberi imbauan kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Pada perayaan natal dan tahun baru nanti, sesuai dengan arahan yang ditetapkan bersama, penyekatan yang biasanya dilakukan di sejumlah ruas jalan Kota Bandung, itu tidak akan ada, termaksud pemberlakukan ganjil genap dan putar balik kendaraan yang berasal dari luar kota, itu juga tidak ada," jelasnya di Bandung (20/12/2021).

Untuk antisipasi lonjakan kerumanan di tempat-tempat wisata dan kepadatan volume kendaraan, pihaknya sudah melakukan skema rekayasa lalu lintas.

"Yang sudah kami lakukan dan perkirakan yaitu, adanya kerumunana di kawasan Asia Afrika, Braga, Alun-alun, Pasopati dan Kawasan Dago, untuk tempat wisata, di Kebun Bintang Bandung dan juga Kemacetan di perbatasan jalan menuju Lembang, upaya yang dilakukan hanya mengingatkan saja agar semua tetap patuh aturan prokes," ungkapnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan telah menetapkan pengetatan aturan saat perayaan Natal dan Tahun baru tiba, khususnya pengetatan di beberapa titik yang sering terpantau berpotensi adanya kerumunan.

"Kita harus belajar dari pengalaman, jangan sampai ada kelonggaran prokes, apalagi saat ini ada virus COVID-19 varian omicron yang tingkat penyebarannya sangat cepat, perlu sekali didukung oleh kesadaran sendiri dari warga Bandung," papar Yana.

Rekomendasi