Amankan Danau Toba, Poldasu Kerahkan Kapal Cepat

| 08 Jan 2022 05:59
Amankan Danau Toba, Poldasu Kerahkan Kapal Cepat
Satu unit kapal patroli cepat dioperasikan di kawasan Danau Toba (Dok. Polda Sumut)

ERA.id - Pengamanan dan pelayanan di kawasan wisata Danau Toba ditingkatkan. Satu unit kapal patroli cepat Polairud Polda Sumut dioperasikan di kawasan wisata super prioritas itu.

Kapal patroli cepat disiagakan di Danau Toba guna meningkatkan pelayanan dan keamanan bagi wisatawan yang datang. Kapal patroli hasil kolaborasi Polda Sumut dan TNI AL itu resmi dilepas Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Jumat (7/1/2022).

"Kehadiran Kapal patroli cepat ini adalah untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat sumut dan mendukung Pengamanan wisatawan saat berlibur ke Danau Toba serta pengamanan perairan," kata Irjen Pol Panca, melalui keterangan resmi Polda Sumut yang diterima.

Selain kapal patroli, mantan direktur penindakan KPK itu mengatakan Polda Sumut menempatkan personel sebagai polisi pariwisata yang akan menjamin keamanan kepada wisatawan saat berada di kawasan Danau Toba.

Selanjutnya, untuk menjamin keamanan di kawasan wisata yang luasnya meliputi delapan kabupaten itu, didirikan satu pos polisi pariwisata yang berada di Ajibata, membangun helipad, sarana dan prasarana yang penunjang keamanan lainnya.

"Kita mendorong pemerintah daerah dan masyarakat dalam mendukung program pemerintah di kawasan Danau Toba yang saat ini menjadi salah satu destinasi super prioritas," ungkapnya.

Panca berharap, dengan dukungan keamanan yang ditingkatkan tersebut dapat menjadi satu faktor yang menjadikan wisatawan tetap nyaman dan aman berada di Danau Toba.

"Diharapkan dengan dibentuknya sistem pengamanan yang diperkuat di wilayah perairan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba sehingga tetap merasa aman dan nyaman tanpa adanya gangguan," pungkasnya.

Rekomendasi