Aksi Cleaning Service Bandara Kualanamu Ini Tuai Pujian, Kembalikan Emas 97 Gram hingga Dompet Tak Bertuan

| 11 Jan 2022 18:52
Aksi Cleaning Service Bandara Kualanamu Ini Tuai Pujian, Kembalikan Emas 97 Gram hingga Dompet Tak Bertuan
Dewi Lestari, petugas kebersihan bandara yang kembalikan emas temuan 97 gram (istimewa)

ERA.id - Kejujuran Dewi Lestari, petugas kebersihan Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, patut diacungi jempol. Dewi menemukan perhiasan emas seberat 97 gram dan langsung melaporkannya ke petugas bandara.

Dewi bercerita, seperti biasa pada Selasa (4/1/2022) ia bekerja membersihkan toilet wanita yang berada di boarding lounge bandara internasional Kualanamu.

Di hari itu, suasana di toilet sedang ramai. Setelah seorang calon penumpang keluar dari toilet, ia langsung masuk untuk membersihkan.

"Setelah dipakai, seperti biasa saya langsung mengecek dan masuk untuk membersihkan," kata Dewi menceritakan, Selasa (11/1/2022).

Dewi yang sudah bekerja sejak 2013 itu mengatakan, saat sedang membersihkan didalam toilet, ia melihat sebuah kotak hitam. Ketika dibuka, ternyata kotak tersebut berisi perhiasan.

Ibu dua anak itu langsung tersentak dan buru-buru menghampiri petugas keamanan bandara (Avsec) untuk melaporkan temuannya itu.

"Saya lihat isinya rupanya semua perhiasan. Lalu saya tutup lagi dan saya laporkan kepada petugas," tuturnya.

Wanita kelahiran 1991 ini mengaku kerap menemukan benda berharga dari toilet. Namun, semua barang yang ditemukan, selalu diserahkan kepada petugas bandara.

Bagi Dewi, sikap kejujuran sangat dipegang teguh. Ia tak ingin kehilangan pekerjaan karena sikap tidak jujur.

"Saya kan niatnya mau bekerja bukan untuk hanya satu hari. Jadi kalau barang berharga itu saya ambil orangnya kecarian dan saya ketahuan, saya pasti kehilangan pekerjaan. Dan kedua saya malu," ungkapnya.

Terlebih, lanjutnya, ia adalah tulang punggung keluarga setelah suaminya yang juga dulunya bekerja di bandara terpaksa berhenti akibat dampak pandemi COVID-19.

"Saya juga tulang punggung keluarga untuk kehidupan orang tua saya juga. Sekarang suami saya usaha barang bekas," bebernya.

Sosok terpuji Dewi Lestari juga dibenarkan oleh Beng Syandi selaku Manager APS ISS, perusahaan tempat Dewi bekerja.

Beng mengaku tidak heran dengan sikap Dewi yang mengembalikan emas ke petugas bandara. Pasalnya, wanita berusia 30 tahun itu memang dikenal sebagai karyawan yang jujur.

"Kalau Dewi Lestari ini sosoknya memang rajin, tekun, jujur dan giat bekerja. Rasa kemauannya tinggi," ujarnya.

Tak hanya itu, Beng mengaku bukan kali ini saja Dewi menemukan barang berharga milik penumpang. Kejadian serupa yang sering terjadi.

"Dia juga sering menemukan barang cincin, dompet, handphone. Setelah itu dikembalikan ke petugas," pungkasnya.

Rekomendasi