Kabar Bencana dari Sragen: Angin Kencang Sebabkan 34 Rumah Rusak Ringan dan Pohon Tumbang

| 24 Jan 2022 18:31
Kabar Bencana dari Sragen: Angin Kencang Sebabkan 34 Rumah Rusak Ringan dan Pohon Tumbang
Dok. BPBD

ERA.id - Fenomena angin kencang melanda wilayah Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah pada Minggu (23/1) pukul 17:15 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sragen melaporkan, sebanyak 34 unit rumah mengalami rusak ringan. Selain itu, tercatat terdapat 27 pohon tumbang diakibatkan kejadian ini.

Peristiwa ini terjadi setelah hujan disertai angin kencang yang berdampak di tiga kecamatan. Ketiga titik lokasi bencana tersebut berada di Desa Pelem Gadung di Kecamatan Karang Malang, Desa Ngarum di Kecamatan Ngrampal, dan Desa Wonotolo di Kecamatan Gondang.

"BPBD Kabupaten Sragen segera menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk melakukan pendataan cepat dan data sementara tercatat 34 KK terdampak atas kejadian ini. Hingga kini, Untuk jaringan komunikasi saat ini tidak terganggu dan kondisi dilapangan sudah mulai kondusif," ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Senin (24/1/2022).

Menyikapi prakiraan BMKG mengenai puncak musim hujan masih berpotensi terjadi hingga Februari, BNPB mengingatkan masyarakat dan pemerintah di tingkat Kabupaten/Kota maupun yang lebih kecil Kecamatan/Desa untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi potensi bahaya hidrometeorologi.

"Masyarakat dapat melihat potensi bahaya dan risiko di sekitar melalui aplikasi inaRISK atau pun informasi cuaca dari sumber terpercaya," ucapnya.

Rekomendasi