Viral Pameran Holocaust di Minahasa, Komunitas Yahudi: Buat Eduakasi

| 03 Feb 2022 08:52
Viral Pameran Holocaust di Minahasa, Komunitas Yahudi: Buat Eduakasi
Komunitas Yahudi bernama Hadassah of Indonesia. (i.ytimg.com)

ERA.id - Komunitas Yahudi dan Israel yang bernama Hadassah of Indonesia menyebut tidak ada Museum Holocaust di Minahasa, Sulawesi Utara.

Barang-barang terkait Holocaust yang dipamerkan di Minahasa disebut hanya untuk kepentingan pameran yang berlangsung selama satu tahun.

“Setahu saya itu pameran Holocaust di Sinagoga di Minahasa. Itu pameran selama 1 tahun. Jadi bukan museum. Karena bangunannya utama fungsinya Sinagoga. Dan itu tak masalah sebetulnya,” kata pendiri Komunitas Yahudi Hadassah of Indonesia, Monique Rijkers pada Rabu (2/2).

Pernyataan ini merupakan respons terhadap sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menolak pameran dan pembangunan museum Holocaust di Minahasa. Monique menjelaskan bahwa edukasi soal peristiwa Holocaust di Indonesia selama ini masih sangat minim. Ia menyinggung sempat membuat film berjudul 'Nina Bobo untuk Bobby' untuk mengedukasi peristiwa kelam di masa lampau yang warga Yahudi di Eropa.

“Itu untuk edukasi bahwa Holocaust itu ada. Dan banyak juga orang baik. Seperti orang Indonesia yang nolong orang Yahudi. Lalu saya bikin video 6 orang Muslim menyelamatkan Yahudi saat Holocaust,” kata dia.

Lebih lanjut, Monique mengkritik banyak pihak yang masih belum mengerti soal peristiwa Holocaust sehingga muncul pelbagai penolakan dari masyarakat seperti dari MUI.

Karenanya, Ia berharap beberapa pihak yang menolak pameran itu seperti PKS dan MUI bisa berpartisipasi memberikan edukasi soal peristiwa holocaust ke masyarakat.

Rekomendasi