Gantikan Tugas Pemerintah, Warga Cianjur Bangun Jembatan Sendiri di Cijati

| 03 Feb 2022 10:11
Gantikan Tugas Pemerintah, Warga Cianjur Bangun Jembatan Sendiri di Cijati
Warga sedang membangun jembatan

ERA.id - Warga di Kecamatan Cijati, Cianjur, Jawa Barat, membangun jembatan permanen sepanjang 6 meter dengan lebar 4 meter.

Itu dilakukan secara swadaya, agar aktivitas warga di empat kecamatan dapat kembali berjalan normal seperti biasa.

Sebelumnya, jembatan yang menghubungkan tempatnya dengan daerah lain, putus dan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat akibat bencana alam setahun yang lalu.

Tokoh warga Kecamatan Cijati, Mutakin mengaku pembangunan jembatan itu diawali karena warga kesulitan membawa hasil bumi ke kota kecamatan atau kabupaten yang juga penghubung utama empat kecamatan di wilayah selatan Cianjur.

"Kami bersama warga dari sejumlah wilayah, berusaha mengalang dana untuk membangun kembali jembatan utama penghubung antar kecamatan di Kampung Cibanteng, Desa Cibodas, Kecamatan Cijati ini, karena menunggu bantuan pemerintah tidak kunjung datang," katanya.

Sehingga terkumpul dana sebesar Rp35 juta yang dinilai cukup untuk membangun jembatan secara permanen, yang ditargetkan tuntas dalam satu pekan ke depan dan dapat dilalui kendaraan besar untuk membawa hasil bumi warga di empat kecamatan seperti Cijati, Kadupandak, Leles, dan Agrabinta.

Selama ini, tutur dia, jalan milik kabupaten yang membentang di empat kecamatan tersebut, merupakan jalur alternatif dari Kecamatan Agrabinta menuju pusat kabupaten.

Namun sejak jembatan di Desa Cibodas putus, kendaraan roda empat tidak dapat melintas termasuk truk pengangkut hasil bumi.

"Karena tingginya kebutuhan warga untuk mendapatkan jalan yang layak, terkumpulah dana dan langsung digunakan untuk pembangunan jembatan penghubung yang nyaris putus itu. Harapan kami, kembali tersambungnya jembatan dapat meningkatkan aktifitas warga termasuk perekonomian," katanya.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengapresiasi upaya tersebut, meski pihaknya sudah menganggarkan dana untuk pembangunan jalan dan jembatan yang rusak di sejumlah kecamatan di Cianjur termasuk di wilayah selatan.

"Kami sudah meminta dinas terkait untuk mendata dan segera membangun skala prioritas karena terbatasnya anggaran. Upaya yang dilakukan warga di Kecamatan Cijati, patut mendapat perhatian dan dukungan dari pemerintah daerah," katanya.

Rekomendasi