Polri Bantah Soal Kekerasan di Desa Wadas Purworejo: Pengamanan Sesuai SOP

| 14 Feb 2022 11:23
Polri Bantah Soal Kekerasan di Desa Wadas Purworejo: Pengamanan Sesuai SOP
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Polri memastikan tidak ada tindak kekerasan yang dilakukan polisi saat pengamanan pengukuran tanah di Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Hal tersebut ditegaskan menanggapi pernyataan Komnas HAM.

"Info dari Polda Jateng, fakta yang ada saat itu di lapangan tidak ada tindak kekerasan," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Senin (14/2/2022).

Ramadhan menambahkan, yang terjadi pada saat pengukuran adalah pihak kepolisian hanya melakukan upaya paksa untuk mengamankan warga, dari ancaman warga lainnya.

Selain itu, Ramadhan mengatakan aparat kepolisian tidak melakukan penembakan saat melakukan pengamanan di Desa Wadas. Dia memastikan pengamanan dilakukan sesuai SOP (Standard Operating Procedure).

"Tidak ada penembakan atau keluar letusan senjata, pengamanan masih menggunakan SOP. Dan Protap 01 tidak pernah dikeluarkan," kata dia, seperti dikutip dari PMJNews.

Lebih lanjut Ramadhan menyatakan kepolisian tetap berkoordinasi dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan instansi terkait lain dalam menyelesaikan permasalahan di Wadas. Termasuk, mengedepankan dialog untuk mencari solusi bagi warga yang tak terima.

"Proses penyelesaian wadas sudah dikoordinasikan dengan Gubernur dan stakeholder lain. Mengedepankan persuasif dan dialog dengan warga terutama warga yang belum menerima untuk dicarikan solusi terbaik," tukasnya.

Rekomendasi