Ngeri, Pengendara Motor di Jateng Ditimpa Pohon Tumbang, Langsung Dibawa ke RS

| 27 Feb 2022 18:22
Ngeri, Pengendara Motor di Jateng Ditimpa Pohon Tumbang, Langsung Dibawa ke RS
Pohon tumbang menimpa pengendara motor di Jalan Gebog-Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu (27/2/2022). (Antara)

ERA.id - Pohon tumbang menimpa pengendara motor di Jalan Gebog-Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu (27/2/2022).

Akibatnya, si pengendara yang berboncengan tersebut terluka dan sepeda motornya rusak parah.

Menurut Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Munaji,, peristiwa pohon bergat yang tumbang bersama material tanah dari tebing di Jalan Gebog-Rahtawu di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kudus, terjadi pada Minggu (27/2) pukul 12.30 WIB.

Sebelum terjadi pohon tumbang, kata dia, wilayah setempat tengah hujan dengan curah hujan tinggi, sedangkan kontur tanah di sekitar tergolong labil.

Akhirnya, pohon berkat yang berada di tebing setinggi 25 meter roboh dan membawa material tanah hingga menutupi akses jalan desa setempat.

"Pada saat kejadian, melintas pengendara sepeda motor bernama Zaenuri dengan temannya Sulistioningsih. Keduanya tertimpa pohon yang tumbang beserta material longsoran. Lantas korban ditolong warga desa setempat dibantu relawan bencana yang ada di sekitar lokasi kejadian.

"Keduanya langsung dilarikan ke Rumah Sakit Sunan Kudus untuk mendapatkan pertolongan medis," ujarnya.

Setelah kejadian nahas itu, BPBD Kabupaten Kudus bersama relawan, TNI dan Polri, langsung bekerja bakti membersihkan jalan dari tumpukan material longsor. Termasuk batu besar yang berada di atas tebing juga ikut diturunkan antisipasi terjadi longsoran susulan.

Bencana tanah longsor di Kabupaten Kudus sudah beberapa kali terjadi, di antaranya di Desa Menawan dan Rahtawu (Kecamatan Gebog), serta Desa Ternadi (Kecamatan Dawe).

Sedangkan berdasarkan peta rawan bencana, disebutkan daerah rawan bencana tanah longsor tersebar di 13 desa, meliputi Desa Rahtawu, Menawan, Jurang, dan Kedungsari (Kecamatan Gebog), Desa Terban (Kecamatan Jekulo), serta Desa Soco, Ternadi, Japan, Kuwukan, Puyoh, Colo, Dukuh Waringin, dan Cranggang (Kecamatan Dawe).

Tags :
Rekomendasi