Warga Tangerang Mual dan Pusing Cium Bau Menyengat, Efek Limbah Pabrik Oli?

| 05 Mar 2022 20:00
Warga Tangerang Mual dan Pusing Cium Bau Menyengat, Efek Limbah Pabrik Oli?
Ilustrasi tutup mulut dan hidung. (Pixabay)

ERA.id - Warga di Kampung Sarakan, Desa Pisangan Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang mengeluhkan bau yang menyengat dari aliran sungai di dekat wilayahnya.

Aroma yang menyengat itu diduga dari limbah pabrik oli yang berada di daerah tersebut.

Kepala Desa Pisangan Jaya Muhamad Hotib, mengatakan, warga yang mengeluh sudah sangat banyak.

Saat ini, menurut Hotib, pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk mencegah adanya dugaan pencemaran lingkungan tersebut.

Dia meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang agar segera mengecek terkait dugaan pencemaran limbah itu.

"Berharap kalau benar (pencemaran lingkungan), Pemkab bisa menjatuhkan sanksi tegas. Memang sudah banyak sekali warga yang mengeluhkan aroma tersebut. Saya rasa aroma itu ditimbulkan dari Sungai Cirarab, kemungkinan limbahnya dibuang ke sana," ucapnya, Sabtu (5/3/2022).

Sementara itu, Isma salah seorang warga Permata Sepatan, mengaku setiap hari selalu mencium aroma bau oli dari aliran sungai tersebut.

Tidak hanya dirinya, aroma yang ditimbulkan itu membuat warga lainnya pun merasa mual dan pusing.

"Bau oli ini sudah lama ada, sekitar dua bulan terakhir. Aromanya itu membuat saya dan warga lainnya merasa mual dan pusing," katanya.

Menurut Isma aroma tersebut sangat menganggu aktivitas warga setempat, bahkan khawatir aroma itu bisa menimbulkan penyakit dalam pada saluran pernafasan.

"Kami tiap hari menghirup aroma bau tersebut. Aroma ini menyengat mengganggu masyarakat," ucap dia.

Isma berharap adanya tindak lanjut dari Pemkab Tangerang untuk menangani, pengecekan, serta mencari sumber bau yang sudah meresahkan masyarakat itu.

Rekomendasi