Jadi Syarat Mudik, Gibran Tambah Lokasi Vaksin Booster Malam Hari Selama Ramadan

| 13 Apr 2022 09:40
Jadi Syarat Mudik, Gibran Tambah Lokasi Vaksin Booster Malam Hari Selama Ramadan
Vaksinasi (Antara)

ERA.id - Capaian vaksinasi di kota Solo terus saat ini meningkat signifikan seiring dengan pelaksanaan vaksin malam hari. Capaian vaksinasi ini meningkat karena adanya kebijakan vaksin sebagai syarat mudik.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan selama beberapa waktu terakhir capaian vaksinasi di kota Solo terus meningkat. Dalam sehari, ada sebanyak 2.000 orang yang sudah tervaksin.

”Progresnya lumayan, menurut saya capaiannya efektif. Saat ini untuk vaksin booster capaiannya 43 persen,” kata Siti, Selasa (12/4).

Tingginya capaian vaksinasi ini salah satunya dipengaruhi oleh syarat mudik yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Oleh sebab itu DKK Solo berusaha memaksimalkan capaian vaksinasi ini dengan jemput bola.

”Jemput bola ini sudah kami mulai sejak Maret. Hal ini kami lakukan karena capaian vaksinasi di kota Solo masih rendah,” katanya.

Untuk upaya jemput bola ini, DKK Solo mengoptimalkan jejaring kader kesehaan di kota Solo.

”Mereka bisa memobilisasi warga untuk segera vaksinasi,” katanya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan vaksinasi malam hari ini mampu memaksimalkan capaian vaksinasi di kota Solo. Termasuk program vaksinasi on the spot juga untuk mempercepat target vaksinasi. Untuk itu ia berencana menambah lokasi vaksinasi malam hari secara reguler.

”Sentra vaksinasi tetap jalan, vaksinasi malam hari juga jalan. Kalau perlu nanti kita tambah titik-titik vaksinasinya,” katanya.

Rekomendasi