Klitih Masuk Jateng, Ganjar Pranowo: Pendidikan Karakter Penting

| 14 Apr 2022 21:02
Klitih Masuk Jateng, Ganjar Pranowo: Pendidikan Karakter Penting
Musrenbang Jateng dok. Pemprov Jateng

ERA.id - Klitih atau aksi kekerasan jalanan disebut telah masuk wilayah Jawa Tengah. Penanganan lewat bimbingan konseling di sekolah tak berjalan maksimal karena para guru disebut justru menjadi cepu atau pembocor dari konsultasi yang disampaikan anak.

Hal itu mengemuka dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Jawa Tengah 2022. Forum Anak Jawa Tengah menyuarakan agar pemerintah provinsi setempat bisa mencegah tindak kekerasan karena membahayakan bagi perkembangan anak.

Ketua Forum Anak Jawa Tengah, Alexander Jason Lee mengatakan, kasus kekerasan anak seperti aksi klitih, telah terjadi di Jateng. Pelaku maupun korbannya adalah kalangan anak-anak.

"Kalau yang viral-viral sekarang kan adanya di Jogja. Ternyata masuk di Jawa Tengah. Kemarin saya lihat itu di Boyolali. Anaknya pakai samurai umur 16, usia 17. Masih usia anak, masih pelajar, sudah melakukan klitih ke anak-anak," kata Jason usai kegiatan Musrenbang Provinsi Jateng di Semarang, Kamis (14/4).

Menurutnya, saat ini hal itu mendesak untuk segera dicegah karena telah merebak. Sebab lagi-lagi, anaklah yang menjadi pelaku dan juga korban. Oleh karenanya, dalam Musrenbang tahun ini, Forum Anak berharap adanya pendidikan karakter. Mengingat tidak sedikit kasus kekerasan anak terjadi karena belum terbentuknya karakter anak.

"Belum ada pembangunan karakter untuk anak-anak. Kita kan ada bimbingan konseling. Realitanya bimbingan konseling, teman-teman saya takut. Karena malah gurunya jadi cepu, gurunya ember. Padahal harusnya guru-guru ini bisa menjadi orang yang mendidik. Jadi benar-benar mendidik, mengarahkan anak-anak biar tidak terjadi kekerasan," ujarnya.

Jason menilai pendidikan karakter amat penting bagi pertumbuhan anak-anak. Sehingga anak-anak tidak hanya mendapatkan pelajaran umum di sekolah, tapi juga mendapatkan pendidikan karakter.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pada Musrenbang tahun ini pihaknya konsisten mengajak atau melibatkan mereka yang harus mendapatkan perhatian seperti para disabilitas, anak-anak dan kelompok perempuan serta kelompok rentan lain.

"Penyandang disabilitas, anak-anak, kelompok perempuan. Ternyata itu cukup dominan. Sebagian besar pertanyaaan (di Musrenbang) juga itu," kata Ganjar usai Musrenbang.

Dalam Musrenbang, Ganjar menyampaikan pendidikan karakter adalah masukan yang bagus. Sebab hal itu akan membentuk karakter yang baik pada diri anak. "Saya sangat setuju sekali dengan pendidikan karakter. Ini masukan yang sangat keren," ucapnya.

Rekomendasi