Antisipasi Kepadatan di Tol, JSN Bakal Buka Tutup Rest Area

| 25 Apr 2022 22:38
Antisipasi Kepadatan di Tol, JSN Bakal Buka Tutup Rest Area
Ilustrasi (Amalia/era.id)

ERA.id - PT Jasamarga Solo Ngawi bakal menerapkan kebijakan buka tutup rest area di sepanjang ruas tol Solo-Ngawi pada masa angkutan lebaran. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kepadatan rest area selama puncak lebaran mendatang.

Manajer Operasional PT Jasamarga Solo Ngawi Budi Hermawan mengatakan saat ini pihaknya menerapkan mekanisme buka tutup rest area. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas.

”Buka atau tutup rest area ini diberlakukan jika sudah over kapasitas. Nantinya kami akan memasang rambu infirmasi atau petunjuk berupa tulisan kalau di rest area ini penuh,” katanya.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan dalam pelayanan bagi para pengguna tol. Prediksi lalu lintas di ruas tol Solo-Ngawi, ada sejumlah 777.660 kendaraan masuk dan sebanyak 780.240 kendaraan keluar.

”Kami siapkan fasilitas penunjang di sejumlah titik rest area, yakni di rest area KM 519A-B, 538 A-B dan 578 A-B,” katanya.

Optimalisasi layanan dan pemaksimalan sarana dan prasarana di rest area diterapkan oleh Dinas Perhubungan Kota Solo. Dalam menyambut masa angkutan lebaran,Dishub menyiagakan satu rest area di Kawasan Jurug, Jebres.

Keberadaan rest area ini nanti digunakan untuk beristirahat para pengguna jalan. Tahun ini diprediksi jumlah kendaraan yang melintas mencapai 7,4 juta kendaraan.

”Jumlah ini hampir mendekati kepadatan pada lebaran sebelum pandemi di 2019 lalu,” katanya.

Tags : tol jsn
Rekomendasi