Pemkab Bogor Bakal Perketat Pengawasan Kawasan Wisata Puncak Hingga H+7 Lebaran

| 01 May 2022 23:00
Pemkab Bogor Bakal Perketat Pengawasan Kawasan Wisata Puncak Hingga H+7 Lebaran
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, memperketat pengawasan kawasan wisata Puncak hingga H+7 lebaran.

"Pengawasan dilakukan sejak H-1 lebaran (hari ini) hingga H+7 lebaran atau selama libur lebaran," ujar (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Minggu (1/5/22).

Meski bukan jalur mudik, Pemkab Bogor memprediksi kawasan Puncak akan menjadi lokasi yang dipadati oleh masyarakat untuk berwisata.

"Puncak ini kan bukan jalur mudik, tapi banyak lokasi wisata. Jadi kemungkinan setelah lebaran justru akan terjadi kepadatan karena banyak warga yang mau berlibur,” kata Iwan.

Di samping itu, Iwan meminta masyarakat tidak melakukan takbir keliling untuk menghindari pengawasan tersebut. Sebab, pemerintah telah berkomitmen untuk berupaya meminimalisir terjadinya kerumunan saat perayaan Idul Fitri, demi mengurangi resiko penyebaran Covid-19.

"Tetap hindari kerumunan. Bagaimanapun Kabupaten Bogor masih PPKM Level 2. Jadi tetap kedepankan protokol kesehatan dan hindari kerumunan. Kami imbau ya jangan takbir keliling dulu lah,” tegas Iwan.

Senada dengan Iwan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, KH Mukri Aji pun meminta

masyarakat tidak melakukan takbir keliling untuk meminimalisir adanya penyebaran Covid-19 yang saat ini terus mengalami penurunan.

"Alangkah baiknya di bulan suci ini masyarakat tidak melakukan takbiran keliling untuk menjaga paparan covid-19, karena kita masih pandemi,” kata dia.

Mukri Aji menilai, takbir keliling berpotensi memunculkan kerumunan masyarakat.

"Sehingga lebih baik takbiran di masjid saja, itu akan lebih menambah kekhusyukan," tuturnya.

"Imbauan ini juga disampaikan oleh Kemenag. Ini merupakan perhatian pemerintah agar masyarakat tetap sehat, aman dan nyaman saat merayakan Idul Fitri," tambah Mukri Aji.

Rekomendasi