Momen Haru Gibran Bukakan Pintu Rusun Untuk Nenek Penerima Rusunawa

| 04 May 2022 07:03
Momen Haru Gibran Bukakan Pintu Rusun Untuk Nenek Penerima Rusunawa
Dok. Berita Surakarta

ERA.id - Pemerintah Kota Surakarta Berkolaborasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat membangun Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Putri Cempo Blok E Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres. Rusunawa dengan 3 lantai tersebut dibangun secara multi years mulai 2020.

Wali Kta Gibran Rakabuming Raka didampingi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Surakarta, Taufan Basuki dan M. Salahudin Rasyidi, S.T, M.T. /Kabalai P2P JAWA 3 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meninjau dan menyerahkan secara simbolis kunci Rusunawa Masyarakat Berpenghasilan R endah Putri Cempo Blok E kepada warga Kota Surakarta yang telah memperoleh unit rumah.

Wali Kota Gibran pada kesempatan tersebut mengungkapkan, unit rusunawa blok E tersebut sangat berkualitas dan layak huni dengan berbagai kelengkapan.

"Pencahayaan, sirkulasi udara sudah baik, akses difabel juga tersedia. Warga tinggal masuk aja," ujar Gibran, dalam keterangan tertulis, Selasa (3/5/2022).  

Disampaikan pula untuk warga Kota Surakarta yang masih antri untuk bisa menempati rusunawa sekitar 500 sampai 600 warga.

Pemerintah Kota Surakarta seperti yang telah disampaikan Gibran terus berupaya untuk menyediakan dan beberapa lokasi sudah tersedia.

"Tiap hari ada pengajuan. Dan itu kita tampung menunggu gilirannya warga nantinya bisa menempati rusun yang dibangun Pemkot," ungkapnya.

Sementara Kepala Disperum KPP Kota Soko, Taufan Basuki menjelaskan, Rusunawa MBR Putri Cempo Blok E mampu menampung 44 Kepala Keluarga dengan 176 warga.

Rusunawa terdiri dari 3 lantai dengan lantai 1 untuk warga lansia serta difabel serta dua lantai lainnya untuk warga produktif.

"Dengan konsep sewa, warga nantinya membayar sewa untuk lantai 1 sebesar Rp100 ribu, lantai 2 sebanyak Rp90 ribu dan lantai paling atas warga membayar sewa Rp80 ribu per bulan," jelas Taufan.

Disampaikan  anggaran pembangunan rusunawa yang letaknya beeseberangan dengan blok C yang sudah lebih dulu dibangun, sebesar Rp17.26 milyar.

Selain itu, Taufan Basuki dan M. Salahudin Rasyidi, S.T, M.T. /Kabalai P2P JAWA 3 dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengatakan, pihaknya akan terus membangun rusunawa untuk mendukung pemenuhan kebutuhan hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

"Kita menunggu lahan dan persyaratannnya lengkap segera setalahnya bisa kami bangunkan. Dalam waktu dekat kita akan bangun rusunawa kembali juga 3 lantai seperti Pitri Cempo Blok E," jelasnya.

Rekomendasi