Rusunawa di Jakarta Diisi Orang Mampu, Anggota DPRD DKI ke Pemprov: Kok Gini?

| 11 Jul 2023 12:49
Rusunawa di Jakarta Diisi Orang Mampu, Anggota DPRD DKI ke Pemprov: Kok Gini?
ILUSTRASI rumah susun sewa sederhana. (Antara)

ERA.id - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Husen ​​​​​​mempertanyakan warga yang punya kendaraan dan kelas ekonomi menengah ke atas, bisa mendapatkan rumah susun sewa sederhana (rusunawa).

"Ini kok punya motor punya mobil bisa masuk (dapat) rusunawa gitu loh? Ini kenapa bisa begini? Tolonglah eksekutif kepekaannya kepada rakyat," kata Husen dalam rapat Komisi D DPRD dengan Dinas Perumahan dan Permukiman DKI Jakarta di Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Menurut Husen, rusunawa seharusnya diperuntukkan untuk warga kelas ekonomi menengah ke bawah dan tidak punya tempat tinggal layak. Husen mencontohkan salah satu warga yang dia nilai layak untuk mendapatkan unit rusunawa.

"Di Jelambar di RW 8 ada 11 RT. Di sana ada keluarga tinggal di rumah dua kali dua padahal KK DKI, KTP DKI," kata dia.

Dia berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menyeleksi secara ketat terhadap calon penghuni rusunawa, agar unit tersebut bisa tepat sasaran.

Selain itu, Husen juga menyoroti beberapa fasilitas rusunawa yang dinilai tidak layak. Dalam kunjungan ke beberapa rusun, dia kerap melihat adanya fasilitas yang buruk seperti pintu kamar mandi yang tidak ada, hingga musala yang tidak layak.

Selain itu, dia juga kerap melihat pos di setiap pintu depan rusunawa, tampak kumuh. "Beberapa ada yang posnya kumuh sekali, kayak di hutan belantara. Jelek banget," kata dia.

Dia menekankan Dinas Perumahan dan Permukiman agar serius membenahi fasilitas di setiap rusunawa.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman DKI Jakarta

Retno Sulistiyaningrum mengungkapkan bahwa ada beberapa warga diusulkan untuk mendapatkan unit rusunawa.

Namun demikian, warga tersebut diketahui memenuhi kendaraan mobil dan sepeda motor lebih dari dua unit.

Rekomendasi