Arus Mudik 2022 di Makassar Akan Capai 700 Ribu Jiwa, Dishub Sulsel: Tanggal 8 Akan Terjadi Kemacetan Panjang

| 07 May 2022 06:30
Arus Mudik 2022 di Makassar Akan Capai 700 Ribu Jiwa, Dishub Sulsel: Tanggal 8 Akan Terjadi Kemacetan Panjang
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Masa libur Lebaran 2022 akan usai, Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Selatan (Sulsel) memprediksikan arus balik akan terjadi pada pekan ini. Sebanyak 700 ribu jiwa akan kembali masuk ke Kota Makassar.

Plh Kepala Dishub Sulsel H. Aruddini dalam keterangannya menyebutkan arus mudik akan terjadi besar-besaran pada pekan ini, yaitu tanggal 7 dan 8 Mei 2022.

"Kalau diperkirakan tanggal 7, tapi kalau lonjakan terjadi di tanggal 8. Artinya ada kemacetan sangat panjang," ujar Aruddini, Jumat (6/5/2022).

Aruddini menyebutkan kemacetan akan kembali terjadi di jalur Simpang 5 Mandai, Kabupaten Maros dan Cappa Bungaya Gowa.

"Berdasarkan data pemudik yang meninggalkan Makassar melalui jalur Simpang 5 Mandai dan Cappa Bungaya Gowa pada 30 Mei lalu. Kedua jalur ini diprediksi bakal kembali padat pada puncak arus balik nanti," ungkapnya.

Aruddini mengatakan, dari pantauan Dishub Sulsel pada 5 Mei sudah tercatat 32.500 penumpang melalui Pelabuhan Makassar. "Sedangkan melalui jalur udara dilaporkan sebanyak 172 ribu penumpang," bebernya.

Aruddini menyarankan bagi sebagian masyarakat yang belum kembali ke Makassar agar sesegera mungkin melakukan perjalanan arus balik, hal ini bertujuan agar terhindar dari kemacetan yang panjang.

"Hindari tanggal 8 jangan sampai terjadi kemacetan panjang," imbuhnya.

Rekomendasi