Puncak Arus Balik di Terminal Tirtonadi Diprediksi Tanggal 7 dan 8 Mei

| 07 May 2022 08:30
Puncak Arus Balik di Terminal Tirtonadi Diprediksi Tanggal 7 dan 8 Mei
Terminal Tirtonadi (Amalia Putri/Era.id)

ERA.id - Puncak arus balik di Terminal Tirtonadi Solo diprediksi terjadi pada H+5 dan H+6 lebaran. Meskipun saat ini masih banyak data kedatangan penumpang dengan tujuan terminal utama di kota Solo tersebut.

Sebagai informasi data kedatangan penumpang pada H+5 lebaran mencapai 32.967 orang dengan 2.132 bus. "Kami memprediksi peningkatannya terjadi tanggal 7 dan 8 Mei. Sebab mereka harus masuk hari Senin," kata Koordinator Terminal  Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto saat dihubungi, Jumat (6/5/2022).

Selain penumpang reguler, Terminal akan dipadati oleh penumpang program mudik dan arus balik gratis dari pemerintah. Untuk program mudik gratis diselenggarakan oleh tiga instansi, Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Rinciannya, dari Kementerian Perhubungan ada 54 bus, Pemprov DKI Jakarta ada 4 bus dan Pemprov Jawa Tengah ada 34 bus.

"Kalau yang dari Pemprov Jateng pemberangkatan dari Asrama Haji Donohudan. Tapi yang dari DKI Jakarta dan Kemenhub berangkatnya dari sini," katanya.

Sejak dimulainya arus balik, mulai ada peningkatan penumpang dengan tujuan Jabodetabek. "Sebenarnya dari dua hari yang lalu sudah ada peningkatan, tapi tidak sebanyak saat ini. Kami prediksi besok dan lusa peningkatan paling banyak," katanya.

Meskipun saat ini masih ada kedatangan penumpang di Terminal Tirtonadi. Menurutnya tingginya jumlah penumpang ini didominasi dari wilayah Solo Raya. "Biasanya penumpang yang ingin silaturahmi di daerah aglomerasi Solo Raya," ucapnya.

Rekomendasi