Hari Pertama Masuk Kerja, 15 Orang ASN Pemkot Solo Bolos dan 100-an Lainnya Terlambat

| 09 May 2022 20:27
Hari Pertama Masuk Kerja, 15 Orang ASN Pemkot Solo Bolos dan 100-an Lainnya Terlambat
Ilustrasi ASN di lingkungan Pemkot Solo yang melakukan apel pagi. (Amalia/ERA.id)

ERA.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mendata ada sebanyak 15 orang absen 100-an lainnya terlambat di hari pertama masuk kerja setelah libur panjang lebaran.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solo Dwi Ariyatno mengatakan alasannya beragam. Ada ASN yang memang sudah mengajukan cuti jauh-jauh hari karena berbagai macam kepentingan, izin melahirkan, dan umrah. Namun, ada pula ASN yang absen tanpa keterangan.

"Kalau yang terlambat alasannya standar, mereka banyak libur,” katanya pada Senin (9/5/2022).

Saat ini pihaknya melakukan konfirmasi terkait ASN yang tidak memiliki keterangan. Sebab selama ini laporan presensinya menggunakan alat finger print.

”Makanya saat ini kami konfirmasi datanya. Tapi sebagian besar absen dengan memberikan keterangan pada atasannya,” katanya.

Sementara ASN yang terlambat, keterlambatannya kurang dari 30 menit. Untuk itu mereka hanya diberikan peringatan agar tidak mengulang hal serupa.

”Memang yang lebih jadi perhatian soal keterlambatan ini. Sebab cukup banyak datanya. Di atas 100 orang ASN,” katanya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan telah menyampaikan pada BKPSDM jika ASN di lingkungan Pemkot Solo tidak ada WFH dan perpanjangan cuti. Meskipun pemerintah pusat memberikan kelonggaran ini.

”Kita hari ini masuk seperti biasa. Tidak ada perpanjangan libur,” katanya.

Rekomendasi