13 Pelaku Pengeroyokan di Lebak Banten Ditetapkan Sebagai Tersangka

| 10 May 2022 14:13
13 Pelaku Pengeroyokan di Lebak Banten Ditetapkan Sebagai Tersangka
13 pengeroyok tujuh warga yang dituduh curi kerbau di Kabupaten Lebak. (Iqbal/ERA.id)

ERA.id - Polres Lebak menetapkan menetapkan 13 tersangka dalam kasus pengeroyokan di Kampung Babakan Padik, Desa Sukanegara, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak, pada Minggu (8/5/2022) lalu.

Adapun ke 13 orang tersangka yaitu AT (23), AA(30), DI(29), AN (28) DH (24) DI (32) FS (35) SM (21) SR (23) IM (20) TB (21) SF (18) dan AL (18).

Setelah menetapkan 13 tersangka, Polda Banten menerjunkan 1 pleton anggota Brimob Polda Banten untuk mengamankan situasi.

Kabidhumas Polda Banten, Kombes  Shinto Silitonga mengatakan, setelah adanya laporan dari Kapolres Lebak, Polda Banten menerjunkan anggota Brimob untuk menghindari potensi konflik di lokasi.

"Polda Banten menurunkan 1 pleton satuan Brimob di kecamatan Muncang, dan di sekitaran TKP. Intinya adalah jika memang masyarakat di sana responsnya atau informasi yang diterima tidak valid dapat saja mereka melakukan aksi balik," katanya saat dihubungi, Selasa (10/5/2022).

"Baik ke kantor polisi maupun ke lokasi dimana para korban itu berada, tetapi dengan hadirnya personel satuan Brimob atas perintah bapak Kapolda maka hal-hal tersebut tidak terjadi di lapangan,” lanjutnya.

Sebelumnya, peristiwa mencekam terjadi di Kampung Babakan, Desa Sukanegara, Kecamatan Muncang, Kabupaten Lebak pada Minggu (8/5/2022). Tujuh pria dikeroyok massa lantaran dicurigai sebagai komplotan maling hewan ternak.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 00.30 WIB. Kala itu, ketujuh orang pria yakni SA (43), ST (40) YI (45) GR (30) YAA (42) AS (28) KL (50) mendatangi sebuah kebun di Desa Sukanegara, Kecamatan Muncang.

Kedatangan mereka ini bukan tanpa alasan. Awalnya, SA (43) mendatangi seorang paranormal atau dukun untuk menanyakan keberadaan motornya yang hilang di Kecamatan Cipanas.

Informasi dari sang dukun, bahwa motor korban berada di sebuah hutan di Desa Sukanegara, Kecamatan Muncang. Tanpa berpikir panjang, SA mengajak keenam rekannya untuk mendatangi lokasi.

Nahas, kedatangan mereka membuat warga sekitar curiga lantaran akhir-akhir ini kerap terjadi kehilangan hewan ternak.

Warga yang menaruh curiga lalu menginterogasi mereka hingga adanya peristiwa pengeroyokan. Ironinya, para ke tujuh pria ini sempat diikat selama beberapa jam.

Kapolres Lebak, AKBP Wiwin Setiawan menerangkan usai mendapatkan laporan pihak kepolisian bergegas menerjunkan anggota hingga berhasil menyelamatkan ke tujuh korban yang menjadi bulan-bulanan warga.

“Enam orang korban sudah bisa pulang. Satu kita larikan ke RSUD Adjidarmo karena luka,” ucapnya dalam keterangan resminya, Senin (9/5/2022) kemarin.

Usai menyelamatkan korban, menurut Wiwin, Polres Lebak melalui Satreskrim melakukan penyelidikan dan diketahui bahwa aksi pengeroyokan massa ini salah sasaran.

“Ada 13 warga yang melakukan pengeroyokan berhasil kita amankan dan sudah ditetapkan sebagai tersangka,”kata Wiwin.

Akibat perbuatan, 13 tersangka tersebut dijerat pasal 351 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara dan Pasal 170 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun enam bulan penjara.

Rekomendasi