Parade Waisak Disambut Meriah oleh Warga Jateng, Ganjar: Semua Rindu Perayaan Besar

| 16 May 2022 13:50
Parade Waisak Disambut Meriah oleh Warga Jateng, Ganjar: Semua Rindu Perayaan Besar
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melepas parade Waisak di Magelang, (Dok Pemprov Jateng)

ERA.id - Ribuan orang memenuhi jalanan sepanjang Candi Mendut hingga Candi Borobudur di Magelang, Senin (16/5). Dengan antusias, mereka menantikan iring-iringan parade Waisak dalam rangkaian peringatan hari raya Waisak 2566 BE.

Sebanyak 1200 peserta meramaikan Parade Waisak kali ini. Iring-iringan drum band, pasukan bendera, mobil hias hingga pasukan festival lainnya membuat suasana semakin meriah.

Suasana semakin meriah saat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, hadir di lokasi itu. Masyarakat baik yang ikut pawai maupun nonton di pinggir jalan langsung berhamburan mendekati Ganjar.

"Pak Ganjar, selamat datang pak. Terimakasih sudah hadir di acara kami. Pak minta foto dulu pak," kata para peserta pawai.

Ada juga emak-emak di pinggir jalan sampai penjual cinderamata khas Borobudur yang tak kalah antusias. Mereka berdesakan untuk salaman atau meminta selfie.

Ganjar yang tiba di lokasi sekitar pukul 06.45 itu sempat berkeliling menyapa para peserta parade. Ia juga ngobrol dengan para pengurus Walubi serta para bhiksu.

Rombongan Parade Waisak bergerak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur setelah dilepas secara langsung oleh Ganjar dan Ketua Walubi, Murdaya Widyawimarta Poo. Ganjar mengikuti prosesi jalan sebentar, kemudian melanjutkan kegiatannya gowes pagi di kawasan Borobudur.

"Setidaknya setelah dua tahun pandemi, sekarang masyarakat Buddha sudah bisa merayakan Waisak dengan meriah. Ya meskipun saat ini pesertanya masih dibatasi ya, tapi sudah ada 1200-an tadi yang ikut. Saya melihat kegembiraan umat Budha dan masyarakat pagi ini," katanya.

Kegembiraan itu lanjut Ganjar karena sudah lama masyarakat menantikan adanya kegiatan semacam ini. Setelah pandemi berangsur membaik, ia harap kegiatan festival semacam ini bisa terus dikembangkan lebih meriah.

"Tentu saja masyarakat menyambut bahagia, karena kita semua rindu pada perayaan besar semacam ini. Ya mudah-mudahan semua lancar, karena perayaan Waisak ini kan prosesinya panjang sampai puncaknya nanti malam," ucapnya.

Secara pribadi dan mewakili masyarakat Jawa Tengah, Ganjar mengucapkan selamat hari raya Waisak untuk umat Budha yang merayakan.

"Saya doakan semoga semua berbahagia," pungkasnya.

Rekomendasi