Jokowi Bolehkan Lepas Masker di Ruang Terbuka, Gibran Imbau Warga Tetap Pakai Masker: Menambah Kegantengan 20 Persen

| 18 May 2022 18:28
Jokowi Bolehkan Lepas Masker di Ruang Terbuka, Gibran Imbau Warga Tetap Pakai Masker: Menambah Kegantengan 20 Persen
Gibran Rakabuming (Antara)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan pelonggaran penggunaan masker masih menunggu instruksi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ia juga menganjurkan warga masyarakat untuk tetap menggunakan masker karena beberapa manfaatnya.

”Maskerkan bukan hanya menangkal Covid-19, untuk polusi dan lainnya. Buat meningkatkan kegantengan juga, menaikkan level 20 persenlah,” kata Gibran saat ditemui Rabu (18/5/2022).

Terkait dengan regulasinya, Gibran masih menunggu instruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

”Kita tunggu instruksinya Pak Gub. Kalau sudah ada instruksi, kita mengikuti,” katanya.

Gibran akan mengaturnya melalui Surat Edaran Wali Kota Solo tentang penanganan Covid-19. Ia juga menganjurkan warga untuk tetap menggunakan masker meski saat ini angka kasus Covid-19 di kota Solo sudah melandai.

”Tentu pakai SE. Tapi ya kalau bisa pakai masker dululah. Apalagi kalau kerumunan seperti ini atau di outdoor pakai masker, kalau bisa. Meski kasusnya hampir tidak ada,” katanya.

Gibran menjelaskan saat ini kondisi Covid-19 di kota Solo sudah sangat baik. Sebab angka kasus Covid-19 di kota Solo sudah sangat rendah.

Namun ia menganjurkan agar warga tetap menggunakan masker. Sebab, saat ini angka vaksinasinya masih di kisaran prosentase 50-an persen.

”Vaksinasi kita yang booster masih 50-an persen. Kalau di outdoor dan banyak kerumunan tidak pakai masker ya bahaya. Saya lihat kemarin di CFD saja sudah ada yang tidak pakai masker, dan banyak,” katanya.

Untuk itu dirinya akan mengimbau warga menggunakan masker melalui regulasi aturan. Seperti halnya di tempat umum tetap dianjurkan menggunakan masker.

”Besok kita tingkatkan lagi. Angkutan BST tetap pakai masker. Jangan buru-buru dilepas dulu,” katanya.

Rekomendasi