Tanggapi Jokowi Tak Bermasker saat ke Tanah Abang, Menkes: Mungkin Dia Merasa Sehat

| 02 Jan 2023 15:09
Tanggapi Jokowi Tak Bermasker saat ke Tanah Abang, Menkes: Mungkin Dia Merasa Sehat
Presiden Joko Widodo (Dok Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo meninjau Pasar Tanah Abang, Jakarta bersama dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada Senin (2/1/2022) pagi.

Selama kunjungan dan melakukan tinjauan, Jokowi maupun Heru terlilhat tidak menggunakan masker. Hal ini menjadi sorotan lantaran penggunaan masker masih diwajibkan meskipun aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Sadikin mengatakan, Jokowi sedang memberikan pesan kepada masyarakat terkait kesadaran menjalankan protokol kesehatan, termasuk menggunakan masker di ruang publik dan kerumumnan.

"Itu bapak Presiden menunjukan bahwa partisipasi masyarakat, kesadaran masyarakat itu penting," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/1/2023).

Selain itu, Budi menduga bahwa Jokowi merasa dalam kondisi yang sehat saat melakukan tinjauan di Pasar Tanah Abang, sehingga memutuskan tidak memakai masker.

Menurutnya, jika seseorang berada di ruangan terbuka dan sedang merasa sehat, sebetulnya tidak terlalu masalah jika tidak menggunakan masker.

"Dia (Jokowi) mungkin merasa dia sehat. Saya enggak tahu, tadi saya enggak ikutin ke pasarnya apakah terbuka atau tertutup. Kalau itu terbuka, beliau merasa aman, ya aman-aman saja," kata Budi.

Meski begitu, dia sendiri memilih untuk tetap memakai masker apabila berada di ruang tertutup maupun kerumunan. Namun, hal itu kembali lagi pada kesadaran masing-masing orang, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Tapi memang saya sih kalau di kerumunan, ruang terutup, kalau ada orang banyak itu ya saya anjurkan (pakai masker)," kata Budi.

"Tetapi sekali lagi ini kita kembalikan ke masyarakat. Kalau masyarakat merasa dia sehat, di udara terbuka kayak gini enggak perlu, ya enggak usah," imbuhnya.

Untuk diketahui, Jokowi berkunjung ke Pasar Tanah Abang untuk meninjau dan memastikan ativitas perekonomian di sektor rill berjalan baik.

Dari tayangan video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi didampingi oleh Heru Budi saat meninjau Pasa Tanah Abang.

Saat berkeliling,, beberapa kali Jokowi mengajak para pedagang berdialog.

"Tadi saya bertanya ke beberapa pedagang juga menyampaikan, tahun 2022 kemarin omsetnya jauh lebih baik dibanding tahun 2021," kata Jokowi.

"Kita harapkan di tahun 2023 ada optimisme karena PPKM sudah dicabut," imbuhnya.

Menariknya, baik Jokowi, Heru Budi maupun para pedagang yang diajak berdialog nampak tidak ada yang menggenakan masker.

Padahal, dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 pada masa Transisi Menuju Endemi, Masyarakat diwajibkan menggunakan masker saat berada di tengah kerumunan, ruangan tertutup, mengalami gejala penyakit pernafasan seperti batuk dan pilek, serta memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19.

"Mendorong masyarakat untuk tetap menggunakan masker dengan benar," bunyi diktum ketiga Inmendagri Transisi Endemi, dikutip Sabtu (31/12/2022)

Selain mendorong penerapan protokol kesehatan. Pemerintah juga tetap mewajibkan penggunaan Aplikasi PeduliLindungi di tempat-tempat publik.

"Mendorong implementasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk memasuki/menggunakan fasilitas publik tersmasuk bagi pelaku perjalanan dalam negeri yang akan menggunakan transportasi publik."

Rekomendasi