Setelah Lebaran Ada 732 Pendatang Baru di Tangsel, Paling Banyak di Pamulang dan Ciputat

| 25 May 2022 13:44
Setelah Lebaran Ada 732 Pendatang Baru di Tangsel, Paling Banyak di Pamulang dan Ciputat
Ilustrasi (Muhammad Iqbal/Era.id)

ERA.id - Sebanyak 732 warga pendatang baru tercatat masuk dan menetap di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pasca Lebaran 2022. Dari jumlah tersebut, 401 orang berjenis kelamin perempuan dan 331 orang laki-laki.

Meski demikian, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel Dedi Budiawan mengatakan ada lonjakan warga pendatang baru di wilayahnya.

"Tidak ada lonjakan. Tapi setiap harinya memang ada 150 Kepala Keluarga memohon pindah domisili ke Tangsel, dari berbagai daerah," katanya, Rabu (25/5/2022).

Dedi menyebutkan mereka kebanyakan bermukim di wilayah Kecamatan Pamulang dengan jumlah 188 orang dan wilayah Kecamatan Ciputat, sebanyak 112 orang.

"Dari jumlah tersebut, 401 orang berjenis kelamin perempuan dan 331 orang laki-laki. Itu berdasarkan data jumlah kedatangan penduduk sejak 9 Mei sampai 19 Mei 2022," ucapnya.

Dedi menjelaskan, Tangsel yang menjadi kota termuda di wilayah Provinsi Banten, memiliki banyak keuntungan dari letak geografis sehingga kemajuan ekonomi cepat berkembang. Hal inilah yang memikat para pendatang untuk mengadu nasib.

"Karena Tangsel, menjadi daya tarik baik sebagai hunian atau banyaknya lapangan kerja. Dari mulai kuli bangunan, mal-mal, perkantoran dan lain-lain termasuk ketersediaan pemukiman, baik rumah yang dibangun di atas tanah atau yang tidak punya lahan yaitu apartemen," jelasnya.

Rekomendasi