Bandara Sorowako Menjadi Aset Pemprov Sulsel, Menhub Budi Karya: Allah Memberikan Jalan kepada Kita

| 29 May 2022 20:21
Bandara Sorowako Menjadi Aset Pemprov Sulsel, Menhub Budi Karya: Allah Memberikan Jalan kepada Kita
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kiri) bersama Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ANTARA)

ERA.id - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman menyampaikan Bandara yang berlokasi di Desa Sorowako dan Kecamatan Nuha, Luwuk Timur ini kini secara resmi menjadi aset milik Pemprov Sulsel. Hal ini ditandai dengan penandatanganan serah terima dari PT Vale ke Pemprov pada dua pekan lalu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan apresiasi dan dukungan atas upaya Pemprov Sulawesi Selatan mengambil alih Bandara Sorowako tersebut.

"Pak Gubernur menyampaikan ada Bandara di Luwu (Timur) sekarang (runway) 1.400 meter kita akan pelajari. Secara teknis tentu sebagai menteri, sebagai pembantu presiden yang ditugaskan membantu menyelesaikan kekurangan yang terjadi di daerah," kata Menhub dalam keterangannya di Makassar, Minggu.

PT Vale sebagai pengelola bandara Sorowako sebelumnya, telah sendiri menyerahkan lahan seluas 25,4 hektar, barang-barang bergerak berupa sarana dan prasarana yang mendukung pengoperasian bandara serta pengelolaan jasa kebandaraan atas bandara tersebut.

Untuk itu Kemenhub akan pelajari lebih dalam terkait rencana setelah itu akan saya sampaikan kembali melakukan langkah tindak lanjut ke Pemprov Sulsel.

"Saya akan pelajari dalam dua hingga tiga minggu ini, setelah itu akan saya sampaikan proposal kepada Bapak Gubernur, bagaimana bandara itu (dikelola)," ujarnya, dikutip dari Antara.

Ia melanjutkan, masyarakat Sulsel sangat energik untuk mengembangkan daerahnya. Dan kehidupan masyarakatnya dinamis.

"Harapan saya ini bisa berhasil dengan dukungan Pak Gubernur yang luar biasa dan Allah memberikan jalan kepada kita," harapannya.

Rekomendasi