Pemkot Solo Waspadai Munculnya Penyakit Cacar Monyet

| 31 May 2022 06:11
Pemkot Solo Waspadai Munculnya Penyakit Cacar Monyet
Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo Siti Wahyuningsih, Solo. (Amalia/ERA.id)

ERA.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo saat ini mewaspadai munculnya penyakit cacar monyet. Meski belum ada laporan resmi terkait penyakit ini, namun perlu ada antisipasi.

"Saya sampai saat ini belum menerima laporan, baik dari rumah sakit maupun puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih, Senin (30/5/2022).

Meski belum ada kasus, ia mewaspadai masuknya penyakit ini. Untuk itu DKK Solo aktif melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait penyakit ini. Baik sosialisasi melalui sosial media maupun di fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di bawah Pemkot Solo.

Ia juga meminta rumah sakit dan puskesmas untuk melapor jika ditemukan kasus. Saat ini DKK Solo terus mengaktifkan surveilans sebagai langkah antisipasi ditemukannya kasus.

"Kalau ada penyakit semacam itu segera lapor ke puskesmas atau dinas. Nanti pasti kami lakukan penelusuran," katanya.

Kemunculan penyakit baru semacam ini biasanya karena faktor lingkungan dan tingginya mobilitas. Sehingga bisa saja terjadi penularan saat interaksi dengan sesama individu.

"Penyakit ini bisa menular melalui gigitan hewan yang terinfeksi, atau hewan tersebut terinfeksi dan kemudian dikonsumsi dan tidak dimasak secara sempurna," katanya.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati. "Masyarakat perlu waspada, kamu terus melakukan edukasi untuk mengantisipasi penyebarannya," katanya.

Rekomendasi