Kasus Tambang Pasir Laut Takalar Naik ke Penyidikan, Bupati Syamsari Kitta Disebut

| 03 Jun 2022 09:20
Kasus Tambang Pasir Laut Takalar Naik ke Penyidikan, Bupati Syamsari Kitta Disebut
Bupati Takalar Syamsari Kitta

ERA.id - Kasus dugaan penyimpangan penetapan harga jual tambang pasir laut di Kabupaten Takalar pada 2020, naik status ke penyidikan dari penyelidikan, kata Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan, Kamis (2/6/2022).

Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejati Sulsel Soetarmi mengaku, penyidik Kejati Sulsel saat ini sementara merampungkan pemeriksaan saksi dan pengumpulan barang bukti.

Semua pihak yang terkait dengan kasus tersebut sudah dipanggil secara patut untuk memberikan keterangan, kata dia.

"Semua pihak yang dipanggil harap untuk kooperatif. Sebab, kewajiban untuk memberikan kesaksian ini diatur dalam pasal 35 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi," katanya, menegaskan.

Namun, dia tidak memerinci siapa saja pejabat Pemerintah Kabupaten Takalar yang dipanggil untuk memberikan keterangan dalam kasus yang diperkirakan merugikan keuangan negara hingga Rp13 miliar itu.

Saat ditanya apakah penyidik akan memeriksa Bupati Takalar Syamsari Kitta, Soetarmi menjawab tidak ada pemeriksaan terhadap yang bersangkutan untuk hari ini.

Sebelumnya, penyidik Kejati Sulsel memeriksa enam pejabat Pemkab Takalar yang menjabat pada 2022. Mereka adalah IY, Kepala Dinas PMPTSPTKTRANS; FS, pelaksana harian BPKD Takalar; KH, Sekretaris Inspektorat; HAS, Kepala Bidang Pajak dan Retribusi Daerah; HAI, Kepala Bidang Perencanaan Pendapatan BPKD; dan Al, Kasubdit Pajak BPKD Takalar.

Kasus ini mencuat setelah diduga ada persekongkolan jahat atas penetapan harga jual tambang pasir laut di wilayah perairan Galesong, Kabupaten Takalar, pada 2020.

Diduga harga pasir laut tersebut dijual dengan harga Rp7.500 per kubik, lebih murah dari harga jual yang ditetapkan dalam peraturan, yaitu Rp10.000 per kubik.

Diduga ada kesepakatan penawaran antara penambang dan oknum pejabat Pemkab setempat atas harga pasir laut tersebut, yang telah dieksploitasi hingga jutaan kubik.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Pusat Ramzah Thabraman mendorong Kejati Sulsel untuk serius mengusut dugaan penyelewengan itu.

"Jangan hanya memeriksa, tapi harus jelas penanganan perkaranya agar dituntaskan sampai ke pengadilan. Karena hukum adalah panglima," kata dia, menegaskan.

Rekomendasi