13 Calon Jemaah Haji Asal Grobogan Ditunda Keberangkatannya karena Positif COVID-19

| 06 Jun 2022 18:01
13 Calon Jemaah Haji Asal Grobogan Ditunda Keberangkatannya karena Positif COVID-19
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Sebanyak 13 calon jemaah haji (CJH) Embarkasi Solo, Asrama Haji Donohudan, Boyolali dinyatakan positif Covid-19 saat menjalani tes polymerase chain reaction (PCR). CJH ini kesemuanya dari Kabupaten Grobogan.

Hal ini disampaikan Koordinator Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin saat dihubungi, Senin (6/5/2022). Ia mengatakan awalnya 13 CJH ini menjalani tes PCR di kabupaten masing-masing tiga hari lalu.

"Hasil tesnya positif. Kemudian tesnya diulang sehari setelahnya hasilnya negatif," kata Sarip.

Setelah itu mereka baru dibawa ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Saat di Asrama Haji Donohudan, mereka kembali menjalani tes PCR. Tes ini untuk memastikan mereka layak terbang bersana kelompok terbang (kloter) calon jemaah lainnya.

"Mereka dari kloter 3 dan kloter 4. Dari kloter 3 ada tiga orang dan dari kloter 4 ada sepuluh orang," katanya.

Saat ini 13 CJH tersebut masih menunggu hasil tes PCR. Saat mereka dinyatakan negatif Covid-19, mereka akan diterbangkan bersama kloter 6 yang dijadwalkan terbang malam ini. Namun jika hasilnya positif, mereka akan dikembalikan ke daerah masing-masing.

"Saat ini mereka dipisahkan dari calon jamaah lain. Mereka ditemani oleh petugas kesehatan haji dari Kabupaten Gobrogan.

Sarip menekankan, calon jemaah haji yang masuk ke Embarkasi Solo harus negatif Covid-19. "Misal masih ada yang positif (Covid-19) kita kembalikan ke daerah. Di Embarkasi semua negatif," tegasnya.

Rekomendasi