Wali Kota Tangerang Berharap Pemerintah Punya Solusi Soal Rencana Penghapusan Tenaga Honorer: Kami Butuh Tenaga untuk Pelayanan Publik

| 07 Jun 2022 07:07
Wali Kota Tangerang Berharap Pemerintah Punya Solusi Soal Rencana Penghapusan Tenaga Honorer: Kami Butuh Tenaga untuk Pelayanan Publik
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. (Muhammad Iqbal)

ERA.id - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menanggapi persoalan terkait rencana penghapusan tenaga honorer. Sebab pihaknya mengaku masih membutuhkan tenaga honorer untuk pelayanan administrasi, pelayanan publik, dan pembangunan.

"Berharap pemerintah pusat punya solusinya, karena memang pemerintah daerah ini membutuhkan tenaga-tenaga dalam memberikan pelayanan. Seperti administrasi, pelayanan publik, dan pembangunan," ujarnya, Senin (6/6/2022).

Kendati demikian, Arief mengaku tak mengetahui persoalan gaji dan berapa jumlah pegawai honorer di jajaran Pemkot Tangerang. "Saya kurang tahu pasti berapa gaji dan saya enggak hafal ada berapa banyaknya," ucap dia

Arief menyebutkan, pihaknya akan mengundang Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Badan Kepegawaian Negara, guna berkonsultasi terkait rencana penghapusan tenaga honorer itu.

"Kita justru akan mengundang pihak Kemenpan-RB dan BKN untuk berkonsultasi (soal penghapusan tenaga honorer). Akan dijadwalkan," ungkapnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo, sebelumnya mengeluarkan surat edaran tentang penghapusan tenaga honorer pada 2023.

Penghapusan tenaga honorer tertuang dalam Surat Menteri PAN-RB perihal Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah nomor B/165/M.SM.02.03/2022 yang diterbitkan 31 Mei 2022.

Rekomendasi