Dua Oknum Polisi Diduga Terlibat Kasus Penganiayaan di Holywings Jogja, JPW Minta Polri Segera Ditindak Tegas

| 07 Jun 2022 20:03
Dua Oknum Polisi Diduga Terlibat Kasus Penganiayaan di Holywings Jogja, JPW Minta Polri Segera Ditindak Tegas
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Oknum anggota kepolisian diduga terlibat dalam kasus penganiayaan yang terjadi di klub malam Holywings Jogja, Sabtu (4/6) lalu.

Menanggapi hal itu, Kadiv Humas Jogja Police Watch Baharuddin Kamba, lembaga pemantau kepolisian di Jogja, meminta kasus tersebut diusut tuntas.

"Jika nantinya oknum kepolisian tersebut terbukti bersalah, maka tidak hanya sampai putusan pada kode etik profesi kepolisian saja. Namun, juga dapat masuk ke ranah pidana pengadilan karena penganiayaan termasuk tindak pidana umum," tuturnya.

Ia menegaskan, oknum polisi yang terbukti melakukan penganiayaan harus ditindak tegas baik oleh institusi Polri Polda DIY maupun secara hukum.

"Bagaimana pun penganiayaan adalah sebuah tindak pidana. Bahkan jika pelakunya merupakan seorang anggota polisi yang sesungguhnya mengerti hukum dan harus patuh hukum. Bisa juga hukumannya lebih berat daripada masyarakat umum yang melakukannya," paparnya.

Menurutnya, kasus ini menunjukkan daftar panjang kasus dugaan penganiayaan oleh oknum kepolisian dan masih adanya sikap yang tidak seharusnya dilakukan polisi apalagi di tempat umum.

"Kasus ini pula dapat menurunkan citra kepolisian di era kepemimpinan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang berusaha memperbaiki institusi Polri dengan jargon Presisi Polri," tuturnya.

Kamba menyatakan saatnya Polri melakukan pembenahan agar kasus serupa tidak terulang lagi dengan menjatuhkan hukuman kode etik profesi kepolisian secara maksimal, salah satunya karena kasus ini jelas mencoreng citra kepolisian.

"Apa pun alasannya tindakan kekerasan tidak boleh dilakukan oleh siapa pun, apalagi polisi sebagai aparat penegak hukum yang seharusnya mengayomi, melindungi, dan melayani masyarakat," ujarnya.

JCW juga meminta bidang Propam rutin melakukan pengawasan terhadap oknum polisi yang berada di klub malam. "Karena keberadaan oknum polisi yang berada di tempat hiburan malam harus jelas keberadaannya dan harus memilik surat tugas dari pimpinannya. Tidak sembarangan," ujarnya.

Menurutnya, secara kedisiplinan anggota Polri dilarang berada di tempat hiburan malam kecuali memiliki misi ketugasan yang jelas dan ada surat tugas resmi dari pimpinannya.

"Kasus ini harus diusut tuntas. Siapapun pelakunya harus diproses hukum tanpa tebang pilih," pungkasnya.

Sebelumnya, Polda DIY telah memproses secara etika dua personel polisi yang terlibat dugaan penganiayaan terhadap Bryan Yoga Kusuma di klub malam Holywings Jogja, Sabtu (4/6) lalu.

Rekomendasi