DPRD Solo Kaji Opsi Penggunaan APBD untuk Pembangunan Masjid Sriwedari

| 11 Jun 2022 00:05
DPRD Solo Kaji Opsi Penggunaan APBD untuk Pembangunan Masjid Sriwedari
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) diambil dari ketinggian di Gayamsari, Semarang, Jateng, Minggu (5/7). (Foto: Antara)

ERA.id - DPRD Kota Solo mengkaji kemungkinan penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Solo untuk mendukung pembangunan Masjid Taman Sriwedari Solo (MTSS). Pasalnya masjid ini memiliki kendala pendanaan dan selama dua tahun pembangunannya berhenti.

 "Akan kami lihat aturannya. Kalau memang memungkinkan tentu akan kami dukung dalam pembahasan APBD," kata Ketua DPRD Budi Prasetyo di sela tinjauan ke lokasi, Jumat (10/6/2022).

Sejak pembangunan MTSS pada 2018 lalu, tak ada dana yang bersumber dari APBD yang dikucurkan. Semua kebutuhan dana pembangunan masjid sebesar Rp165 miliar rencananya akan menggunakan dana dari CSR dan sumbangan masyarakat.

Sementara itu Panitia Pembangunan MTSS Endah Sitaresmi Suryandari mengatakan selama ini dana untuk pembangunan masjid tidak bersumber pada APBD. Ia mengungkap sempat ada dana dari APBD, namun peruntukannya bukan ditujukan bagi pembangunan masjid.

"Hanya untuk pembersihan lingkungan sekitar," katanya.

Sejauh ini pembangunannya sudah mencapai 85 persen. Sisanya 15 persen hanya tinggal finishing. Saat ini panitia belum bisa menyelesaikan karena terkendala pendanaan dan pandemi Covid-19.

"Semua sudah, bahan bakunya ada. Tapi karena tukangnya tidak ada yang bayar ya belum dilanjut. Sudah berhenti Juni 2020 lalu, jadi tiga bulan setelah Covid masuk Solo," katanya.

Rekomendasi