Demi PPDB Lancar, Pemkot Tangerang Siagakan Server 24 Jam

| 14 Jun 2022 07:14
Demi PPDB Lancar, Pemkot Tangerang Siagakan Server 24 Jam
Pegawai Diskominfo Kota Tangerang mengecek kesiapan server untuk pelaksanaan PPDB. (Dok Diskominfo)

ERA.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menyiapkan 4 server fisik dan delapan server online untuk menangani lonjakan trafik pendaftaran dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat sekolah dasar negeri (SDN) dan sekolah menengah pertama negeri (SMPN).

"Dalam penggunaanya, tim Diskominfo telah melakukan assesmen server atau uji coba. Pada proses percobaan kemarin tidak ada kendala, dan pelaksanaan hari pertama hingga siang ini tidak ada kendala yang serius," ujar Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti, Senin (13/6/2022).

Indri menyebutkan, selain menyiapkan server dengan kecepatan jaringan yang memadai, Pemkot Tangerang juga menyiagakan 20 personel. Para personel itu akan diturunkan untuk menangani masalah aplikasi maupun keamanan server.

"Tim ini disiagakan 24 jam, yang juga bertugas memantau keamanan operator PPDB di seluruh sekolah SDN maupun SMPN," ujarnya.

Indri menuturkan sebelum pelaksanaan PPDB dimulai, pihaknya juga telah membuat website PPDB publik yang menampilkan seluruh informasi PPDB di laman ppdb.tangerangkota.go.id.

Website pendaftaran di ppdbmandiri.tangerangkota.go.id dapat digunakan wali murid untuk mendaftarkan anaknya secara mandiri, ganti pilihan sekolah, hingga proses daftar ulang.

"Diskominfo juga telah membuat aplikasi pendaftaran berbasis android dan IOS, yaitu aplikasi PPDB Online. Tak ketinggalan membuat aplikasi untuk operator sekolah, yang digunakan operator untuk mendaftarkan calon peserta didik yang mendaftar dengan cara datang langsung ke sekolah," jelasnya.

Indri berharap, dengan sederet dukungan Diskominfo dalam pelaksanaan PPDB Kota Tangerang tahun ajaran 2022/2023 ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

"Kami bisa pastikan, server dan jaringan aman terkendali, dengan pengawasan intens. Sehingga PPDB Kota Tangerang dapat berlangsung dengan lancar," jelasnya.

Tags : Diskominfo
Rekomendasi