Pengamat: Cara Ganjar Pranowo Atasi Kemiskinan di Jawa Tengah Lewat UMKM Berdikari Sudah Tepat

Tim Editor

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah, Gajar Pranowo terus berupaya untuk mengentaskan kemiskinan di Jawa Tengah. Salah satu hal yang dilakukan adalah menggunakan strategi mendorong UMKM di daerah itu agar berdikari.

Pengamat ekonomi FX Sugiarto menilai Ganjar sudah berada di jalur yang tepat dalam menangani kemiskinan. Dia berkata strategi Ganjar Tengah sesuai dengan situasi saat ini dan menangani kemiskinan tidak bisa dilakukan dalam jangka pendek.  

Sugiarto menuturkan bahwa pengentasan kemiskinan juga perlu dilakukan oleh para Bupati atau Walikota karena Gubernur tidak bisa mengentaskan kemiskinan seorang diri.


“Apa yang dilakukan gubernur, sebetulnya itu mengakselerasi yang seharusnya dilakukan setiap pmimpin di jawa tengah termasuk 35 bupati wali kota yang ada di Jawa Tengah,” kata FX Sugiarto saat dihubungi.

Lebih lanjut, Sugiarto mengatakan, profil kemiskinan di kabupaten kota muncul dari sektor informal dan pertanian. Pembinaan terhadap pelaku usaha kecil dan pertanian, adalah cara yang paling tepat dalam konteks pengentasan kemiskinan.

“Maka cara yang paling tepat tetapi tidak bisa langsung kelihatan hasilnya karena itu proses jangka panjang, itu ya memang umkm kemudian pertanian,” ujar Sugiarto.

Cara ini tepat karena mengatasi kemiskinan dari sisi pendapatan. Menurut Sugiarto dengan menciptakan lapangan kerja akan berdampak langsung pada pendapatan.

“Cara yang mendasar ya dengan memperbaiki struktur pendapatan mereka yakni dengan lapangan pekerjaan yang menghasilkan dan umkm itu menurut saya salah satu cara yang paling strategis juga di pertanian,” ujarnya.

Selain mendorong UMKM berdikari, upaya mengentaskan kemiskinan juga bisa dilakukan melalui program-program seperti bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan bantuan listrik murah juga bisa menjadi cara lain. Sugiarto mentakan, cara itu membantu pengentasan kemiskinan dari sisi pengeluaran.

“Dengan lapangan kerja itu cara mengatasi kemiskinan dengan mengembangkan sumber pendapatannya. Jadi ini berbeda tapi dua-duanya mengarah kepada bagaimana kemiskinan itu berkurang,” ujarnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo baru-baru ini meluncurkan lapakjateng.id. Marketplace tersebut dapat dimanfaatkan UMKM Jateng untuk berjualan. Harapannya, UMKM Jateng akan makin berkualitas.

“Hari ini yang UMKM kita dampingi, mereka butuh bongkar persoalan apa yang muncul. bagaimana dengan produk knowledge mereka, market, ekonomi digital dan sebagainya,” tutur Ganjar dalam acara peluncuran di Solo.

Sebelum lapakjateng.id, sejumlah program seperti Lapak Ganjar, Hetero Space, maupun inovasi kredit kerakyatan telah digagas.

Tag: ganjar pranowo gubernur jawa tengah

Bagikan: