Gibran Liburkan CFD Saat Idul Adha, Akses Jalan Digunakan Masyarakat Menuju Masjid

| 06 Jul 2022 15:35
Gibran Liburkan CFD Saat Idul Adha, Akses Jalan Digunakan Masyarakat Menuju Masjid
Ilustrasi Solo Car Free Day (Amalia P/ ERA)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memutuskan untuk meliburkan kegiatan Car Free Day (CFD). Hal ini dilakukan karena jalan Slamet Riyadi yang digunakan untuk akses masyarakat menuju ke masjid.

"Ya CFD diliburkan dulu, soalnya ada beberapa masjid yang aksesnya terganggu. Makanya CFD nggak ada dulu," katanya saat ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (6/7/2022).

Sebagai informasi Solo CFD menggunakan ruas jalan Slamet Riyadi dari simpang empat Purwosari hingga simpang empat Gladak. "Makanya harus clear dulu. Lapangan Sriwedari juga dipakai salat," ucapnya.  

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Hari Prihatno menambahkan sosialisasi CFD libur sudah dilakukan dengan memasang spanduk-spanduk informasi. Di samping itu Dishub juga sudah melakukan sosialisasi libur sejak CFD pekan lalu pada Minggu (3/7/2022).

"Kita sudah siap-siap (libur). Soalnya bertepatan dengan Idul Adha," katanya.

Terkait liburnya kegiatan CFD, Dinas Perhubungan juga sudah berkomunikasi dengan pihak-pihak yang biasanya menyelenggarakan event mingguan. Termasuk sudah berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan untuk mengimbau pedagang supaya tidak berjualan ketika CFD libur karena bertepatan dengan Idul Adha.

"Sudah jadi kebiasaan saat ada hari raya, CFD diliburkan. Selain untuk menghormati warga yang beribadah, kami juga menyiapkan lalu lintas agar akses warga bisa lebih baik. Karena Salat Ied juga dilakukan pagi hari," katanya.

CFD akan dilaksanakan kembali pada Minggu 17 Juli 2022 dengan jadwal normal. Kegiatan masyarakat juga dapat dilanjutkan, mulai dari kegiatan olahraga, berjualan, hingga kuliner.

"Masyarakat juga sudah paham dengan situasi ini. Kita lanjutkan lagi pekan selanjutnya," katanya.

Rekomendasi