Banjir hingga Longsor Landa Kota Bogor Akibat Diguyur Hujan Seharian

| 16 Jul 2022 01:04
Banjir hingga Longsor Landa Kota Bogor Akibat Diguyur Hujan Seharian
BPBD Kota Bogor mengevakuasi korban longsor. (Diman/ERA.id)

ERA.id - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Bogor sejak Jumat sore (15/7/2022) menyebabkan sejumlah wilayah terdampak bencana alam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menyebut ada 21 titik bencana terjadi di Kota Hujan itu. Dari 21 titik, 10 di antaranya adalah banjir, 6 longsor, 5 bangunan roboh atau jebol.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bogor (BPBD) Kota Bogor mengatakan untuk longsor terjadi di wilayah Kampung Got, Kelurahan Curug, Bogor Barat, Cibadak Tanah Sareal, Semplak, Kayu Manis, Genteng, dan Situ Gede.

"Untuk yang Kampung Got, Kelurahan Curug, Bogor Barat ada satu yang tertimbun dengan inisial M (52)," ujarnya kepada wartawan saat berada dilokasi, Jumat (15/07/2022).

Sementara untuk banjir terjadi di Perumahan Green View RT 02 RW 10 Kel. Situgede, Bogor Barat, Taman Sari Persada, Kampung, Pabuaran RT 02, 03 RW 03 Kelurahan Cibadak, Tanah Sareal, Banjir di RT 03 RW 11 Kelurahan, Tanah Baru, Tanah Sareal, di RT 01 RW 01 Kelurahan Margajaya, Bogor Barat.

Selanjutnya, di Kelurahan Semplak, Bogor Barat, Komplek Bukit Cimanggu City Blok W3 No. 1 Kelurahan Mekarwangi, Tanah Sareal, Banjir di Komplek Bukit Mekarwangi Residence, Kelurahan Mekarwangi, Tanah sareal, RT 03 RW 06 Keluharan  Kencana, Tanah Sareal dan di RT 04 RW 16 Kel. Tegalgundil, Bogor Utara.

"Untuk bangunan roboh atau jebol terjadi  SMK Ibnu Sina di Jalan Curug Induk No. 31 RT 05 RW 10 Kelurahan Semplak, Bogor Barat, di Gang Pancoran RT 03 RW 08 Kelurahan Semplak, di RT 01 RW 02 Kel. Kedung Halang (a.n. Bpk. Tata Sasmita), kampung Salabenda rt. 05 RW 04 Kelurahan, Kayumanis, Tanah Sareal RT 05 RW 08 Kel. Cibuluh, Bogor Utara," tandasnya.

Salah satu korban tertimpa longsor adalah wanita berinisial M (52), warga Kampung Got, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat. Ia dikabarkan tertimbun longsoran pada hari Jumat (15/07/2022) sore tadi.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Theofilo Patrocinio Freitas mengatakan dari belasan titik bencana tidak ada korban jiwa.

"Tapi, satu ini ada seorang ibu yang tertimbun longsor," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Theofilo Patrocinio Freitas di lokasi longsor Kampung Got, Jumat.

Menurut Theo, BPBD yang saat ini melakukan evakuasi posisi korban sendiri diperkirakan terjepit runtuhan tanah longsor.

"Saat ini terus dilakukan evakuasi. Berdasarkan informasi seorang ibu kejepit," tandasnya.

Rekomendasi