Macet di Jembatan Barombong Bikin Pusing, Pakar Beri Saran ke Pemkot Makassar

| 19 Jul 2022 11:46
Macet di Jembatan Barombong Bikin Pusing, Pakar Beri Saran ke Pemkot Makassar
Situasi Jembatan Barombong saat lalu lintas macet.

ERA.id - Pengamat kebijakan transportasi dan sekaligus Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Sulsel, Lambang Basri menegaskan jika Pemkot Makassar harus segera membangun jembatan kembar di Barombong.

Apalagi di sekitaran jembatan Barombong, kemacetan kerap terjadi pada jam sibuk, yakni di pagi pun sore hari. "Sudah sangat mendesak. Jadi Pemkot Makassar seharusnya membangun jembatan kembar Barombong yang menghubungkan Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa itu," katanya, Senin (18/7/2022).

Mengapa mendesak, sebab laju pertumbuhan kendaraan saat ini begitu akseleratif, di satu sisi, akses jalan dengan satu jembatan tersebut sudah sangat terbatas.

“Jika kewenangan ini ada di Pemkot Makassar maka, sudah saatnya jembatan kembar dibangun Pemkot di situ. Karena ada stadion di sana dibangun, di satu sisi akses menuju ke sana tidak diperbaiki atau dikembangkan,” bebernya.

Sekadar diketahui, akses Makassar-Gowa lewat Barombong memang sangat memprihatinkan, hampir setiap sore penampakan jalan macet di jembatan tersebut. Sepeda motor, mobil, terjebak dalam kemacetan.

“Kasihan masyarakat di sana harus selalu terlambat dan terjebak dengan kemacetan arus lalu lintas di sana setiap saat,” ujar Lambang Basri.

Untuk jangka pendeknya, lanjut Lambang Basri, maka sebaiknya Pemkot Makassar melakukan filterisasi di jembatan tersebut pada jam tertentu.

"Harus ada sortir kendaraan roda empat dilarang melintas. Harus seperti itu, karena kasihan di situ terjebak semuanya motor, mobil dan lain-lain,” tutup Lambang.

Rekomendasi