Tingkatkan Perekonomian Warga, Pemprov Sulsel Rehabilitasi Saluran Irigasi Larandu di Luwu

| 24 Jul 2022 16:45
Tingkatkan Perekonomian Warga, Pemprov Sulsel Rehabilitasi Saluran Irigasi Larandu di Luwu
Saluran irigasi (Dok. Istimewa)

ERA.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah merampungkan rehabilitasi daerah irigasi Larandu yang berada di Kecamatan Suli Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Penanganan ini menjadi bukti komitmen Pemprov Sulsel di bawah kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman dalam menggenjot infrastruktur pertanian. Hal itu sebagai wujud untuk memaksimalkan peningkatan perekonomian dari sektor pertanian.

Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas mengatakan untuk pekerjaan rehabilitasi Daerah Irigasi Larandu sudah mencapai progres fisik 100 persen dan saat ini masih dalam tahap pengujian laboratorium untuk mutu pekerjaan sebelum diserah terimakan ke Dinas.

"Dengan penanganan ini akan lebih mengoptimalisasi fungsi saluran irigasi ke persawahan masyarakat," katanya, Minggu (24/7/2022).

Astina Abbas berharap dengan adanya penanganan saluran irigasi ini dapat meningkatkan aliran air dari Bendung Larandu ke lahan pertanian masyarakat agar dapat meningkatkan hasil produksi pertanian masyarakat.

"Selain itu, hal ini akan berdampak langsung bagi masyarakat dalam menopang sebagai Sulsel sebagai daerah pangan Nasional," tandasnya.

Adapun luas fungsional dari Bendung Larandu seluas 687 hektar. Irigasi Larandu ini mengairi 2 Kecamatan yakni Kecamatan Suli Barat dan Kecamatan Suli.

Rekomendasi